alexametrics

Jokowi Sudah Kantongi Nama Cawapres, tapi Masih Rahasia

loading...
Jokowi Sudah Kantongi Nama Cawapres, tapi Masih Rahasia
Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan beberapa alasan kenapa mantan Wali Kota Solo itu sampai saat ini belum juga mengumumkan siapa sosok pendampingnya di Pilpres 2019 mendatang. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi nama sosok yang akan mendampinginya menjadi calon wakil presiden (Cawapres). Namun, dia masih merahasiakan siapa nama cawapres dimaksud.

Hal itu terungkap dalam pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu 8 Juli 2018 malam.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan beberapa alasan kenapa mantan Wali Kota Solo itu sampai saat ini belum juga mengumumkan siapa sosok pendampingnya di Pilpres 2019 mendatang.

Pertama, masing-masing partai politik saat ini tengah berkonsentrasi dengan pendaftaran calon legislatif (Caleg). Karena, batas akhir pendaftaran bakal caleg tersebut berakhir pada tanggal 17 Juli. Karena nantinya, menurut Hasto, caleg akan berperan penting untuk Pilpres 2019 mendatang.



"Caleg akan menjadi mesin politik yang sangat efektif baik untuk partai maupun capres. Dengan demikian dialog dengan partai masih berkonsentrasi di situ," ujar Hasto di program berita iNews Sore, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Kedua, Hasto menyebut mengenai dinamika politik nasional harus diperhatikan. Karena melihat ada beberapa persoalan saat ini. Seperti Indonesia menghadapi polemik perang dagang dari Presiden AS Donald Trump, hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat urgent dan harus direspons oleh Presiden Jokowi.

"Bagaimana pun juga situasi nasional, lalu bagaimana mengatasi permasalahan ekonomi saat ini merupakan skala prioritas untuk semakin memperkuat kepemimpinan Jokowi," tuturnya.

Lalu yang ketiga menurut Hasto dialog dengan partai politik sangat diperlukan. Karena pada pengalaman di Pilpres 2014 lalu, seluruh ketua umum berkumpul kemudian Jokowi menyampaikan gambaran siapa cawapres yang cocok. Hal yang sama juga dilakukan saat ini.

"Kami cukup merespons secara positif melihat begitu banyak nama-nama yang dinominasikan masyarakat untuk mendampingi Pak Jokowi, artinya kepemimpinan Jokowi betul-betul diterima secara luas oleh masyarakat Indonesia," pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak