alexametrics

Muncul Purnawirawan Pendamping Jokowi, Pengamat Prediksi Moeldoko

loading...
Muncul Purnawirawan Pendamping Jokowi, Pengamat Prediksi Moeldoko
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno memprediksi Kepala Staf Kepresidenan yang juga mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko kandidat kuat cawapres pendamping Jokowi. Foto/Okezone
A+ A-
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahumurziy dalam sebuah kesempatan menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi kurang dari 10 bakal pendampingnya.

Namun dari 10 nama yang sudah ada, pria yang biasa disapa Rommy enggan membocorkan. Rommy hanya memberikan kisi-kisi figur tokoh yang sudah di kantong Jokowi. Dari sejumlah figur, ada dari kalangan parpol, figur cendekiawan, purnawirawan TNI/Polri, kalangan teknokrat dan profesional.

"Mengacu pada statemennya Rommy, ada 10 nama yang dikantongi Jokowi salah satunya berlatar belakang politisi dan purnawiranan, secara tegas cukup eksplisit siapa orangnya," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno saat dihubungi SINDOnews, Selasa (10/7/2018).

Dari kalangan politisi, lanjut Adi, nama Ketua Umum Partai Golkar mulai menguat belakangan. Airlangga dianggap cocok berduet dengan Jokowi karena sejumlah hal. Salah satunya soal kinerjanya yang mumpuni, memiliki chemestry sama, bersih, dan tak pernah bermanuver saat berkoalisi dengan pemerintah.



"Apalagi pada saat bersamaan, politisi PPP bilang supaya cak Imin realistis soal pencapresannya. Ada sinyal kuat dari pernyataan politisi PPP," jelasnya.

Menariknya, dari pernyataan Rommy juga menyebutkan unsur purnawirawan disiapkan mendampingi Jokowi. Diskursus mengenai figur militer cocok mendampingi Jokowi, kata pengamat asal UIN Jakarta ini juga cukup mewarnai berbagai hasil lembaga survei.

Dalam hal ini, nama Kepala Staf Kepresidenan yang juga mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko diprediksi paling nominatif. "Soal purnawirawan tentu nama Moeldoko yang paling nominasinya. Karena di sekeliling Jokowi hanya Moeldoko yang selalu dikaitkan dengan posisi cawapres," tandasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak