SpaceX Siap Lakukan Misi Pendaratan Bulan di Hari Valentine

Selasa, 13 Februari 2024 - 11:06 WIB
loading...
SpaceX Siap Lakukan Misi Pendaratan Bulan di Hari Valentine
SpaceX akan melakukan misi pendaratan di bulan tepat di hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari. Foto: Space News
A A A
JAKARTA - SpaceX dan Intuitive Machines telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan melangsungkan misi pendaratan bulan pada 14 Februari besok. Misi ini akan membawa robot moon lander IM-1 dibantu roket pendorong Falcon 9 milik Elon Musk.

Sebagaimana dilansir dari Space News pada Selasa (13/2/2024), peluncuran IM-1 akan dilaksanakan di Kompleks Peluncuran 39A Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat. Misi dijadwalkan berlangsung pada pukul 12:57 waktu setempat.

“Peluncuran Intuitive Machines kami ditargetkan pada 14 Februari, bertepatan dengan Hari Valentine,” kata Julianna Scheiman, direktur misi satelit sipil di SpaceX, pada pengarahan 5 Februari lalu. “Kami menantikan peluncuran pada 14 Februari," ungkapnya.

Untuk diketahui, peluncuran IM-1 menjadi rangkaian terakhir misi pendaratan bulan setelah sebelumnya dilakukan uji pengisian bahan bakar pada 7 Februari kemarin.

Gladi bersih sukses dilakukan, kini dilakukan misi inti untuk mencetak rekor terbaru.

Jika IM-1 berhasil, maka ini akan menjadi misi swasta pertama yang mendarat dengan lembut di bulan setelah tiga upaya sebelumnya gagal.



Di sini juga akan dihadirkan sejumlah muatan, mulai dari perusahaan pakaian olahraga Columbia hingga artis Jeff Koons.

Muatan komersial tersebut juga mencakup Eaglecam, sebuah kamera yang dikembangkan oleh mahasiswa di Embry-Riddle Aeronautical University yang akan dikeluarkan dari pendarat pada saat pendaratan terakhirnya ke permukaan untuk mencoba memotret pendaratantersebut.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)