alexametrics

Gedung Perpustakaan Paling Indah

loading...
Gedung Perpustakaan Paling Indah
A+ A-
Perpustakaan telah menopang peradaban manusia sejak lebih dari 4000 tahun lalu. Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah atau lokasi tempat perpustakaan tersebut berada.

Sebagai salah satu ‘gudang ilmu’ bentuk perpustakaan saat ini bermacam-macam, ada serupa istana, museum bahkan sebuah padepokan. Berikut 10 gedung perpustakaan paling indah di dunia.

ADMONT ABBEY LIBRARY Admont, Austria
Admont Abbey dikenal merupakan perpustakaan monastik terbesar di dunia. Dibangun pada 1776, Admont Abbey memiliki aula perpustakaan besar dan mengesankan secara seni. Langit-langit ruangan perpustakaan terdiri dari cupola yang menggambarkan tahap pengetahuan manusia dan dilengkapi 48 jendela di ruangannya.

ABBEY LIBRARY OF ST. GALLEN St. Gallen, Swiss
Saint Gall Abbey ada sejak 1719 dan saat ini telah ditetapkan Situs Warisan Budaya UNESCO. Perpustakaan ini menyimpan 2.100 manuskrip, beberapa di antaranya berasal dari abad ke-8. Langit-langit dan dekorasi perpustakaan terlihat indah.



WASHINGTON,D.C Amerika Serikat (AS)
Library of Congress adalah perpustakaan terbesar di dunia dalam hal jumlah koleksi buku. Perpustakaan ini memiliki tiga gedung, di mana yang tertua dan terindah adalah Gedung Thomas Je!erson yang dibangun antara 1890 dan 1897

BIBLIOTHEQUE NATIONALE DE FRANCE Paris, Prancis
Perpustakaan Nasional Prancis menyimpan semua yang diterbitkan di Prancis. Didirikan sejak 1461 kemudian pindah ke gedung yang terletak di rue de Richelieu di Paris pada 1868. Pada 1996 pembangunan gedung terakhir selesai dan sebagian besar koleksi pindah ke sana, tetapi beberapa koleksi tetap berada di bangunan lama.

TRINITY COLLEGE LIBRARY Dublin, Republik Irlandia
Perpustakaan Trinity College adalah salah satu tempat wisata terbaik di Dublin. Didirikan pada 1592 oleh Ratu Elizabeth I, The Trinity College Library adalah rumah bagi lebih dari satu juta buku, dimana yang paling terkenal adalah "Book of Kells". Buku ini terkenal sebagai salah satu manuskrip paling indah di dunia.

AUSTRIAN NATIONAL LIBRARY Wina Austria
Selesai dibangun pada 1723, Perpustakaan Nasional Austria terletak di Istana Hofburg dan memiliki koleksi lebih dari 7,4 juta item buku.

NATIONAL LIBRARY OF THE CZECH REPUBLIC Praha, Republik Ceko
Bangunan utama Perpustakaan Nasional Republik Ceko ini adalah bangunan bersejarah Clementinum yang masih menampung sekitar setengah dari seluruh koleksi. Koleksinya mencakup banyak buku dan manuskrip serta koleksi pribadi dari musikus besar Mozart

STRAHOV MONASTERY LIBRARY Praha Republik Ceko
Biara Strahov didirikan sejak 1143. Perpustakaan biara, yang lebih mirip ruang museum daripada perpustakaan ini menyimpan koleksi lebih dari 200.000 volume buku. Perpustakaan ini juga memiliki dua jalan rahasia yang disembunyikan di balik rak-rak buku

THE LIBRARY OF EL ESCORIAL San Lorenzo de El Escorial, Spanyol
El Escorial adalah tempat tinggal bersejarah Raja Spanyol, terletak sekitar 45 km (28 mil) dari Ibu Kota Madrid. El Escorial adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang difungsikan sebagai istana kerajaan, museum, biara, dan bahkan sebagai sekolah. Raja Philip II yang memerintah selama abad ke-16 menyumbangkan sejumlah dokumen pribadinya ke perpustakaan El Escoria. Perpustakaan ini dirancang oleh Juan de Herrera dan langit-langit yang luar biasa dilukis oleh seniman Pellegrino Tibaldi

MELK ABBEY LIBRARY Lower Austria, Austria
Biara Melk didirikan pada 1089 dan sekolah Monastik didirikan menyusul pada abad berikutnya. Perpustakaan biara ini memiliki koleksi berupa manuskrip yang mengesankan. Selain koleksi, letak gedung perpustakaan yang menghadap ke Sungai Danube membuat gedung perpustakaan terlihat menakjubkan.
(don)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak