BEM se-Riau Serukan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Senin, 12 Februari 2024 - 21:16 WIB
loading...
BEM se-Riau Serukan Pemilu 2024 Aman dan Damai
BEM se-Riau menggelar deklarasi Pemilu Damai digelar di Hotel Grand Central, Kota Pekanbaru, Senin (12/2/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PEKANBARU - Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) se-Riau menggelar deklarasi Pemilu Damai 2024 menjelang pencoblosan 14 Februari mendatang. Deklarasi digelar di Hotel Grand Central, Kota Pekanbaru, Senin (12/2/2024).

Korpus BEM se-Riau Alfikri Habibullah menekankan pentingnya komitmen bersama dalam mendukung Pemilu 2024 yang aman dan damai. Dengan menggelar deklarasi ini, BEM dan mahasiswa se-Riau berupaya menunjukkan sikapnya untuk menolak segala bentuk perpecahan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Mari bersama-sama kita saling menjaga untuk tidak terpecah belahnya bangsa kita ini. Walaupun banyaknya faktor-faktor yang menyebabkan perpecahan ini timbul," katanya.

Deklarasi Pemilu Damai yang digelar BEM se Riau tidak hanya menjadi momentum bagi mahasiswa. Namun juga ajakan kepada seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga suasana damai dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Komitmen bersama ini diharapkan mampu menciptakan proses demokrasi yang berintegritas dan menghasilkan pemimpin yang dipilih secara adil dan transparan.

Berikut Deklarasi Pemilu Damai:
1. Berkomitmen untuk menjaga dan mengawal proses demokrasi, sesuai tahapan Pemilu 2024 agar berjalan dengan aman, damai, jujur, adil dan bermartabat.

2. Mengajak semua komponen bangsa untuk berpartisipasi aktif mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

3. Mengajak seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa Riau yang memiliki hak pilih untuk menggunakan haknya dengan penuh tanggung jawab.

4. Mengajak semua pihak untuk ikut aktif melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap setiap tahapan pelaksanaan Pemilu agar berjalan sesuai aturan, berlangsung secara aman, damai, jujur, adil dan bermartabat.

5. Menolak segala bentuk upaya provokasi, penyebaran berita hoaks dan ujaran kebencian serta berkomitmen untuk tidak ikut serta dalam penyebaran berita hoaks yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

6. Mendesak seluruh komponen bangsa baik pemerintah, peserta Pemilu maupun masyarakat untuk menerima hasil Pemilu yang telah dilaksanakan dengan netral, jujur, adil dan bermartabat.

7. Mendesak seluruh tokoh akademisi di Riau untuk tidak melakukan politik praktis, dan tidak menjadikan kampus sebagai wadah untuk melakukan kegiatan politik praktis.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)