Ini Penampakan Terowongan Komando Pusat Intelijen Hamas di Bawah Markas UNRWA Gaza yang Diklaim Israel

Minggu, 11 Februari 2024 - 15:40 WIB
loading...
Ini Penampakan Terowongan Komando Pusat Intelijen Hamas di Bawah Markas UNRWA Gaza yang Diklaim Israel
Israel mengklaim menemukan terowongan Hamas di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pasukan Israel telah menemukan jaringan terowongan sepanjang ratusan meter dan sebagian berada di bawah markas besar UNRWA di Gaza. Itu diungkapkan militer Israel.

Teknisi Angkatan Darat Israel mengajak jurnalis media asing melalui jalur-jalur tersebut pada saat UNRWA mengalami krisis, yang telah meluncurkan penyelidikan internal dan melihat serangkaian negara donor membekukan pendanaan atas tuduhan bulan lalu oleh Israel bahwa beberapa stafnya merangkap sebagai agen Hamas.

Palestina menuduh Israel memalsukan informasi untuk menodai UNRWA, yang mempekerjakan 13.000 orang di Jalur Gaza dan telah menjadi penyelamat bagi masyarakat yang bergantung pada bantuan selama bertahun-tahun. Badan ini menjalankan sekolah, klinik kesehatan dasar dan layanan sosial lainnya, serta mendistribusikan bantuan, dan menggambarkan kegiatannya sebagai murni kemanusiaan.

Ini Penampakan Terowongan Komando Pusat Intelijen Hamas di Bawah Markas UNRWA Gaza yang Diklaim Israel

Foto/Reuters

Markas Besar UNRWA berada di Kota Gaza, di antara wilayah utara yang diserbu pasukan dan tank Israel pada awal perang empat bulan melawan faksi Islam yang berkuasa, Hamas, yang menyebabkan ratusan ribu warga sipil melarikan diri ke selatan.



Dilansir Reuters, para wartawan dalam perjalanan yang dikawal ketat itu memasuki sebuah lubang di samping sebuah sekolah di pinggiran kompleks PBB, turun ke terowongan berlapis beton. Dua puluh menit berjalan melalui jalan yang panas, sempit, dan terkadang berliku membawa mereka ke Markas Besar UNRWA, kata seorang letnan kolonel angkatan darat yang memimpin tur tersebut.

Terowongan, yang menurut militer memiliki panjang 700 meter dan kedalaman 18 meter, kadang-kadang bercabang dua, memperlihatkan ruang samping. Ada ruang kantor, dengan brankas baja yang telah dibuka dan dikosongkan. Ada toilet keramik. Satu ruangan besar berisi server komputer, satu lagi berisi tumpukan baterai industri.

“Semuanya dilakukan dari sini. Semua energi untuk terowongan yang Anda lalui ditenagai dari sini,” kata letnan kolonel, yang hanya menyebutkan nama depannya, Ido, dilansir Reuters.

“Ini adalah salah satu komando pusat intelijen. Tempat ini adalah salah satu unit intelijen Hamas, tempat mereka memimpin sebagian besar pertempuran.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)