Petugas Gabungan Tertibkan Ribuan APK di Sejumlah Wilayah Kabupaten Bekasi

Minggu, 11 Februari 2024 - 14:20 WIB
loading...
Petugas Gabungan Tertibkan Ribuan APK di Sejumlah Wilayah Kabupaten Bekasi
Memasuki masa tenang petugas gabungan menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di sepanjang Jalan di wilayah Kabupaten Bekasi. Foto/MPI
A A A
BEKASI - Memasuki masa tenang petugas gabungan menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di sepanjang Jalan di wilayah Kabupaten Bekasi. Sedikitnya 184 ribu jenis APK yang di turunkan berjenis billbord, spanduk, bendera partai politik, dan lain sebagainya.

Padahal sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi telah menerbitkan surat imbauan kepada Parpol untuk menurunkan APK secara mandiri. Namun, imbauan tersebut tidak diindahkan oleh para Parpol.



“Kami sudah melayangkan surat imbauan pada tanggal 9 Februari untuk penurunan APK secara mandiri. Kami tunggu hingga 1x24 jam tapi tidak ada (Parpol) yang menurunkan,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Khadafi di sela giat penurunan APK bersama Satpol PP Kabupaten Bekasi di seluruh titik di Kabupaten Bekasi, Minggu (11/2/2024)

Seperti diketahui, setiap kali memasuki masa pemilu, APK kerap memenuhi berbagai sudut daerah. Hanya saja, APK yang menampilkan wajah-wajah ramah tapi tetap asing itu kerap dipasang sembarangan. Tanpa memerhatikan estetika, APK hanya dipasang untuk sekadar menarik perhatian.

Berdasarkan catatan Bawaslu, kata Akbar, jumlah APK yang dipasang selama kampanye Pemilu 2024 ini mencapai 184.000 buah. Ironisnya, APK yang dipasang secara “kreatif” oleh parpol justru tidak diturunkan kembali.

“Ya kami sudah memberikan waktu untuk menurunkan APK secara mandiri oleh parpol dan juga anggota DPD. Tapi memang tidak ada yang menurunkan sehingga kami berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menurunkannya,” ucap Akbar.

Sayangnya, tidak ada sanksi yang diatur terkait parpol yang tidak menurunkan kembali APK. Hanya saja, ketidakpatuhan ini dapat menjadi catatan tersendiri bagi warga untuk menilai calon wakil rakyatnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Bekasi Surya Wijaya mengatakan pihaknya telah menerjunkan 275 personel untuk menertibkan APK. Mereka dibagi menjadi lima tim yang bertugas menurunkan APK di seluruh wilayah.



“Kami bagi jadi lima tim, di antaranya tiga tim di jalan nasional, satu tim di jalan kalimalang dan satu tim lagi di jalan provinsi mulai dari Cikarang sampai Cibarusah. Jadi kami bersama melakukan penurunan APK di masa tenang ini," ucapnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)