Imran Khan dan Nawaz Sharif Saling Klaim Memenangkan Pemilu Pakistan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 14:40 WIB
loading...
Imran Khan dan Nawaz Sharif Saling Klaim Memenangkan Pemilu Pakistan
Pemilu Pakistan berlangsung memanas karena Imran Khan dan Nawaz Sharif saling klaim memenangkan kontes demokrasi tersebut. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Mantan Perdana Menteri Pakistan dan saingan beratnya Nawaz Sharif dan Imran Khan menyatakan kemenangan dalam pemilu yang dirusak oleh hasil pemilu yang tertunda dan serangan gerilyawan. Saling klaim tersebut menjadikan Pakistan masuk dalam jurang kekacauan politik lebih lanjut.

Partai Sharif memenangkan kursi terbanyak dibandingkan satu partai lain dalam pemilu hari Kamis, namun para pendukung Khan yang dipenjara, yang mencalonkan diri sebagai partai independen dan bukan sebagai satu blok setelah partainya dilarang mengikuti pemilu, memenangkan kursi terbanyak secara keseluruhan.

Sharif mengatakan partainya akan berbicara dengan kelompok lain untuk membentuk pemerintahan koalisi karena partainya sendiri gagal meraih mayoritas suara.

Pengumuman Sharif muncul setelah lebih dari tiga perempat dari 265 kursi mengumumkan hasilnya, lebih dari 24 jam setelah pemungutan suara berakhir pada Kamis ketika 28 orang tewas dalam serangan militan.

Para analis memperkirakan tidak akan ada pemenang yang jelas, hal ini menambah kesengsaraan negara yang sedang berjuang untuk pulih dari krisis ekonomi, sementara negara tersebut bergulat dengan meningkatnya militansi dalam lingkungan politik yang sangat terpolarisasi.

Hasilnya menunjukkan partai independen, sebagian besar didukung oleh Khan, memenangkan kursi terbanyak - 98 dari 245 kursi dihitung.

Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) yang dipimpin Sharif meraih 69 suara, sedangkan Partai Rakyat Pakistan yang dipimpin Bilawal Bhutto Zardari, putra Perdana Menteri Benazir Bhutto yang dibunuh, mendapat 51 suara.

Sisanya dimenangkan oleh partai kecil dan partai independen lainnya.

“Liga Muslim Pakistan adalah partai terbesar di negara ini saat ini setelah pemilu dan merupakan tugas kita untuk membawa negara ini keluar dari pusaran air,” kata Sharif kepada kerumunan pendukungnya yang berkumpul di luar rumahnya di kota Lahore di bagian timur.

“Siapapun yang mendapat amanah, baik independen maupun partai, kami hormati amanah yang didapat,” ujarnya. “Kami mengundang mereka untuk duduk bersama kami dan membantu negara yang terluka ini bangkit kembali.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)