Kecelakaan Kapal Kembali Terjadi, DPR Akan Minta Penjelasan Menhub

Rabu, 04 Juli 2018 - 09:51 WIB
Kecelakaan Kapal Kembali Terjadi, DPR Akan Minta Penjelasan Menhub
Kecelakaan Kapal Kembali Terjadi, DPR Akan Minta Penjelasan Menhub
A A A
JAKARTA - Komisi V DPR akan mengagendakan pertemuan dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait kecelakaan kapal laut yang kerap terjadi di perairan Indonesia, belakangan ini. Tidak hanya kecelakaan laut, evaluasi mudik Lebaran juga dibahas dalam rapat ini.

"Sementara siang ini dengan Dirjen Perhubungan Darat dan Laut. Topiknya soal anggaran. Tapi persoalan itu (kecelakaan laut) pasti mengemuka," kata Ketua Komisi V Fary Djemy Francis saat dihubungi SINDOnews, Rabu (4/7/2018).

"Untuk evaluasi itu kita agendakan minggu depan. Kita agendakan untuk rapat evaluasi mudik Lebaran termasuk kecelakaan ini," ucap Fary. (Baca juga: 29 Penumpang KMP Lestari Tewas, 41 Orang Masih Dicari )

Fary mengatakan, kecelakaan kapal laut di perairan Indonesia kerap kali diakibatkan oleh faktor klasik. Mulai dari manifest perjalanan yang tidak sesuai, kelayakan kapal, hingga tidak adanya perlengkapan keamanan di kapal.

Politikus Partai Gerindra ini pun mendorong pemerintah untuk melakukan pengecekan secara berkala seluruh angkutan laut yang melayani masyarakat.

"Untuk angkutan darat, bus, kita sudah ajukan pengecakan. Kapal juga harus dilakukan. Pengecekan tidak harus naik dok. Di saat saat tertentu, seperti ramai mudik Lebaran, pengecekan harus diperketat," ucap Fary.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6813 seconds (0.1#10.140)