Fraksi PKB Akan Dorong Penyetaraan Guru Swasta

Selasa, 03 Juli 2018 - 14:07 WIB
Fraksi PKB Akan Dorong Penyetaraan Guru Swasta
Fraksi PKB Akan Dorong Penyetaraan Guru Swasta
A A A
JAKARTA - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di MPR akan mendorong pemerintah untuk menyetarakan guru swasta dengan guru pegawai negeri sipil.

Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi PKB MPR, Jazilul Fawaid di hadapan puluhan kepala madrasah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) se-Kecamatan Paciran, Lamongan saat melakukan kunjungan di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (3/7/2018).Menurut Jazilul, saat ini kesejahteraan antara guru swasta dan guru negeri masih timpang. “Banyak guru honorer yang hanya menerima gaji Rp200 ribu sebulan, padahal jam kerjanya juga full,” katanya.Oleh sebab itu, Jazilul menegaskan nasib guru swasta harus diperjuangkan bersama-sama. Dia akan mengajak anggota fraksi lain untuk ikut mendorong dan mengupayakan agar guru-guru swasta memiliki status yang sama dengan guru negeri dari segi kesejahteraan.
“IPM (Indeks Pembangunan Manusia) kita masih tergolong rendah, hal ini sangat berkaitan dengan pendidikan, maka untuk mendorong pendidikan yang bermutu tentu harus berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan guru” ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Koordinator KKM, Misbahul Munir menyampaikan kondisi guru swasta yang senior belum mendapat penyetaraan (inpassing), masih kalah dengan guru-guru yang baru diangkat. "Hal ini menjadi tanda tanya besar bagi kami," katanya.

Dia berharap dalam pertemuan yang dilakukan hari ini, FPKB dapat memperjuangkan hak para guru swasta agar mendapatkan penyetaraan (inpassing) sehinga terjadi keadilan dalam pemenuhan hak dan kewajiban di antara guru.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0076 seconds (0.1#10.140)