Pertama di Dunia, China Luncurkan Satelit ke Luar Angkasa untuk Uji Teknologi 6G

Jum'at, 09 Februari 2024 - 19:00 WIB
loading...
Pertama di Dunia, China Luncurkan Satelit ke Luar Angkasa untuk Uji Teknologi 6G
China mulai menguji teknologi 6G dengan mengirim satelit ke luar angkasa. (Foto: Xinhua)
A A A
JAKARTA - China mencatatkan diri sebagai negara pertama di dunia yang meluncurkan satelit ke luar angkasa untuk menguji teknologi 6G.

Satelit tersebut diluncurkan oleh operator telekomunikasi terbesar di dunia China Mobile ke orbit rendah Bumi untuk mendapatkan latensi rendah dan tingkat transfer data tinggi.

Dilansir dari Daily Sabah, Jumat (9/2/2024), wahana tersebut diluncurkan menggunakan satelit 5G pada awal pekan lalu. China Mobile menyebut satelit ini akan menguji arsitektur 6G dan menggunakan perangkat lunak serta perangkat keras domestik, mendukung rekonstruksi perangkat lunak di orbit, penempatan fleksibel fungsi jaringan inti, dan manajemen otomatis, meningkatkan efisiensi dan keandalan operasi jaringan inti satelit di orbit.

Arsitektur 6G otonom tersebut dikembangkan bersama oleh China Mobile dan Akademi Inovasi untuk Mikrosatelit Akademi Ilmu Pengetahuan China.



Penempatan satelit-satelit seperti ini di orbit bumi rendah, memungkinkan cakupan sinyal telekomunikasi yang lebih luas dalam jaringan seluler, serta menyediakan layanan internet satelit dengan bandwidth lebih tinggi secara global.

Pada bulan Oktober 2023 lalu, para ilmuwan China telah berhasil menguji perangkat komunikasi di luar angkasa yang dapat meneruskan sinyal cahaya dari satu lokasi ke lokasi lain tanpa mengonversinya menjadi sinyal listrik.



Uji coba dilakukan oleh tim di Institut Optik dan Mekanika Presisi Xian, di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China. Dikenal sebagai teknologi switching optik di luar angkasa, wahana tersebut dikirim ke luar angkasa oleh roket pembawa Y7 China bulan Agustus lalu.

Sebelumnya, pada November 2020, China telah mengirimkan satelit eksperimen 6G pertama di dunia. Satelit eksperimen 6G tersebut bertujuan untuk memverifikasi teknologi komunikasi terahertz (THz) di luar angkasa.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)