Bagian Pertama Gulungan Vesuvius yang Hangus Akhirnya Bisa Dibaca

Jum'at, 09 Februari 2024 - 08:56 WIB
loading...
Bagian Pertama Gulungan Vesuvius yang Hangus Akhirnya Bisa Dibaca
Gulungan Vesuvius yang Hangus Akhirnya Bisa Dibaca. FOTO/ SCIENCE ALERT
A A A
JAKARTA - Gulungan Vesuvius adalah kumpulan teks kuno yang terkubur di bawah abu vulkanik letusan Gunung Vesuvius pada tahun 79 M.

BACA JUGA - Kisah Gunung Kawi, Saksi Berdirinya Kerajaan Singasari di Kitab Negarakretagama

Seperti dilansir dari Science Alert, gulungan ini ditemukan di Herculaneum, sebuah kota Romawi yang hancur bersama Pompeii.

Gulungan-gulungan ini terbuat dari papirus, dan karena panas dan tekanan letusan, banyak gulungan yang hangus dan sulit dibaca.

Bagian pertama yang dapat dibaca dari gulungan Vesuvius adalah sebuah teks filosofis yang berjudul "De Rerum Natura" (Tentang Alam Semesta) karya Lucretius. Teks ini berisi tentang filosofi Epikuros, yang membahas tentang sifat alam semesta, asal usul kehidupan, dan kematian.

Berikut adalah beberapa bagian yang dapat dibaca dari Gulungan Vesuvius:

"Alam semesta terdiri dari atom dan ruang kosong. Atom tidak dapat dibagi dan tidak dapat dihancurkan. Mereka bergerak dalam ruang kosong dan saling bertabrakan, membentuk berbagai benda."

"Jiwa manusia terbuat dari atom halus. Jiwa mati bersama tubuh dan tidak ada kehidupan setelah kematian."

"Tujuan hidup adalah untuk mencapai kebahagiaan. Kebahagiaan dapat dicapai dengan hidup sederhana dan menghindari rasa takut dan keinginan."

Gulungan Vesuvius adalah sumber informasi penting tentang budaya dan pemikiran Romawi kuno. Teks-teks ini memberikan Einblick ke dalam filosofi, sains, dan agama orang Romawi pada masa itu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)