Gunung Merapi Erupsi, Muntahkan Awan Panas Sejauh 1,6 Km ke Hulu Kali Bebeng

Rabu, 07 Februari 2024 - 16:44 WIB
loading...
Gunung Merapi Erupsi, Muntahkan Awan Panas Sejauh 1,6 Km ke Hulu Kali Bebeng
Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali erupsi dengan memuntahkan awan panas sejauh 1600 meter atau 1,6 Km, Rabu (7/2/2024). Foto/Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali erupsi dengan memuntahkan awan panas sejauh 1600 meter atau 1,6 Km, Rabu (7/2/2024). Meskipun terjadi peningkatan aktivitas vulkanik, namun status Gunung Merapi masih tetap bertahan di level 3, Siaga.

Detik-detik erupsi Gunung Merapi terpantau kamera CCTV Kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta. Gunung Merapi erupsi disertai muntahan awan panas sebanyak satu kali ke arah hulu kali Bebeng, Magelang.

Berdasarkan data BPPTKG, awan panas guguran yang dimuntahkan Gunung Merapi terjadi pukul 14:25 WIB dengan amplitudo maksimal 42 milimeter dan berdurasi 163 detik. Sedangkan estimasi jarak luncur mencapai 1.600 meter ke arah hulu Kali Bebeng, Magelang.



Cuaca di puncak Gunung Merapi sedang hujan deras dan berkabut, visual awan panas guguran kurang begitu terlihat jelas. Namun, tetap terpantau dan terekam kamera CCTV.

Kendati aktivitas vulkanik terus mengalami peningkatan, hingga saat ini BPPTKG Yogyakarta masih mempertahankan status Merapi pada level 3, Siaga . Warga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apa pun di sekitar lereng Merapi pada radius 5 hingga 7 kilometer dari atas puncak.

Warga diminta mewaspadai potensi ancaman guguran awan panas maupun lava pijar yang diprediksi masih akan terus terjadi. Rermasuk potensi ancaman lahar dingin di semua sungai yang berhulu pada Gunung Merapi.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)