Minimalisir Kecelakaan Motor, Masyarakat Diimbau Ikut Program Mudik Gratis

Sabtu, 02 Juni 2018 - 16:02 WIB
Minimalisir Kecelakaan Motor, Masyarakat Diimbau Ikut Program Mudik Gratis
Minimalisir Kecelakaan Motor, Masyarakat Diimbau Ikut Program Mudik Gratis
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mengurangi angka kecelakaan sepeda motor saat mudik lebaran, salah satunya melalui program mudik gratis.

Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto mengatakan, mudik gratis yang digelar pemerintah diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan.

"Itu membantu mengurangi tingkat kecelakaan. Dengan adanya mudik ini, ada warga Jakarta yang menggunakan fasilitas itu," kata Pandu dalam diskusi Polemik Radio MNC Trijaya bertema Siap-siap Mudik Asyik di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Pandu mengatakan, program mudik gratis yang disiapkan pemerintah dan BUMN beragam. Tak hanya bus, ada juga mudik gratis dengan kapal laut.

Sementara itu, untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik melalui jalur darat, Kemenhub telah menyiapkan puluhan ribu bus umum untuk mudik. Selain itu ada pula 47 terminal antarprovinsi yang disiapkan.

Pandu mengimbau para pemudik untuk tidak ragu menggunakan armada bus yang telah tersedia. Menurut Pandu, saat ini kualitas bus telah meningkat. Kemenhub juga telah menetapkan tarif batas bawah dan tarif batas atas sebagai panduan bagi penumpang.

"Tarif yang diberlakukan harus dipampang di loket penjualan tiket dan di tiketnya. Itu jadi kontrol terhadap pelanggaran-pelanggaran," kata Pandu.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5542 seconds (0.1#10.140)