Apakah Luka Bakar Boleh Diberi Pasta Gigi?

Selasa, 30 Januari 2024 - 04:33 WIB
loading...
Apakah Luka Bakar Boleh Diberi Pasta Gigi?
Apakah luka bakar boleh diberi pasta gigi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Foto/ emedihealth.
A A A
JAKARTA - Apakah luka bakar boleh diberi pasta gigi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Pasalnya, tidak sedikit yang menggunakan pasta gigi saat mengalami luka bakar demi mempercepat penyembuhan. Benarkah?

Dikutip healthline, pasta gigi mengandung bahan-bahan yang mendinginkan dan menyegarkan, seperti natrium fluorida, soda kue, dan mentol. Itu sebabnya banyak orang menganggapnya sebagai obat pertolongan pertama untuk mengatasi luka bakar tingkat pertama.



Pasta gigi memang dapat menghilangkan plak, melindungi email gigi dan mencegah penyakit gusi, tetapi pasta gigi bukanlah obat yang efektif untuk luka bakar.

Faktanya, semua yang kita ketahui tentang bahan aktif dalam pasta gigi menunjukkan bahwa mengoleskannya pada luka bakar akan menyegel panas di bawah lapisan kulit Anda, sehingga menyebabkan lebih banyak kerusakan dalam jangka panjang.

Mengapa tidak boleh mengoleskan pasta gigi pada luka bakar?
Setelah Anda memahami sedikit tentang luka bakar, akan menjadi lebih jelas mengapa pasta gigi bukanlah obat rumahan yang baik untuk menyembuhkannya.

Solusi lain yang harus dihindari
Pasta gigi pada luka bakar bukan satu-satunya pengobatan rumahan yang berpotensi membahayakan untuk luka bakar itu sendiri. Anda juga harus menjauhi pengobatan luka bakar populer lainnya, seperti mentega, minyak (seperti minyak kelapa dan minyak zaitun), putih telur dan es.

Tips pertolongan pertama untuk luka bakar

Jika Anda mengalami luka bakar, pertolongan pertama adalah garis pertahanan pertama Anda. Luka bakar ringan dengan diameter tidak lebih dari 3 inci dapat diobati di rumah. Untuk luka bakar yang lebih parah, hubungi dokter.

Dinginkan luka bakar dengan kompres dingin atau waslap. Jika memungkinkan, bilas dengan air dingin. Ini akan menghilangkan panas yang terperangkap di bawah kulit dan mulai meredakan luka bakar. Anda juga bisa mengoleskan lidah buaya.

Terapkan pengobatan rumahan lainnya setelah luka bakar sudah dingin. Anda bisa mengoleskan salep antibakteri sebelum membalut lukanya.

Untuk melindungi dari infeksi, Anda harus menutup luka bakar secara longgar dengan perban steril dan antilengket. Jangan gunakan kain kasa atau bahan berbulu lainnya yang dapat menempel pada luka bakar.

Minumlah obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti aspirin (Bufferin) atau ibuprofen (Advil), jika Anda kesakitan.

Lidah Buaya

Lidah buaya sebenarnya telah terbukti mempercepat penyembuhan luka bakar sekaligus meredakan nyeri dengan mengurangi peradangan. Produk gel lidah buaya murni adalah yang terbaik atau cukup belah daun tanaman lidah buaya menjadi dua dan oleskan gel tanaman tersebut langsung ke luka bakar Anda.


Salep antibiotik

Salep antibiotik dari kotak P3K Anda, seperti Neosporin atau bacitracin, membersihkan area luka bakar dari bakteri sekaligus membantu penyembuhan Anda. Beberapa produk ini mengandung obat pereda nyeri yang dapat membantu menghilangkan sengatannya.

Madu

Madu adalah antimikroba alami dan anti-inflamasi. Ini telah digunakan oleh banyak budaya sebagai pengobatan rumahan, dan para peneliti sekarang menemukan bahwa ini dapat meningkatkan penyembuhan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)