Kalah dari Australia di Piala Asia 2023, Media Asing Sorot Agresivitas Timnas Indonesia

Senin, 29 Januari 2024 - 11:57 WIB
loading...
Kalah dari Australia di Piala Asia 2023, Media Asing Sorot Agresivitas Timnas Indonesia
Timnas Indonesia saat tampil melawan Australia di Piala Asia 2023. Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani
A A A
DOHA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia mendapatkan pujian tinggi kendati tersingkir dari Piala Asia 2023. Jurnalis ESPN, Gabriel Tan menilai Timnas Indonesia berhasil menunjukkan perkembangan signifikan di turnamen itu.

Timnas Indonesia harus puas terhenti di babak 16 besar Piala Asia 2023. Perjuangan tim asuhan Shin Tae-yong itu dihentikan Australia 0-4 di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Qatar pada Minggu (28/1/2024) kemarin.



Walau harus ‘pulang kampung’, perjuangan Timnas Indonesia mendapat acungan jempol dari Gabriel Tan. Jurnalis yang juga pengamat sepak bola Asia itu kagum dengan perjuangan dan perkembangan Timnas Indonesia.

“Meskipun peringkat mereka saat ini berada di peringkat yang rendah, hal ini (mencapai babak 16 besar) merupakan tanda seberapa jauh kemajuan yang telah dicapai Indonesia dalam beberapa waktu terakhir,” tulis Gabriel Tan dalam artikelnya di ESPN, dikutip pada Senin (29/1/2024).

Menembus babak 16 besar Piala Asia merupakan prestasi baru bagi Skuad Garuda. Dalam sejarah keikutsertaan dalam empat turnamen sebelumnya, Timnas Indonesia hanya mampu bermain di fase grup.

Perkembangan inilah yang membanggakan bagi tim ranking 146 dunia itu. Gabriel Tan menilai, Timnas Indonesia akan menjadi poros kekuatan baru sepak bola Asia Tenggara yang layak diperhitungkan.

“Mereka berpotensi menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan mengingat kemajuan yang mereka buat dalam beberapa waktu terakhir sejak Shin Tae-Yong ditunjuk sebagai pemimpin,” tulis Gabriel Tan.

Sementara itu, Shin Tae-yong dan kolega akan langsung mengalihkan fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Diketahui, Timnas Indonesia masih harus menjalani empat laga sisa melawan Vietnam, Irak, dan Filipina di Grup F.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)