2 Aktivis Lingkungan Lemparkan Sup ke Lukisan Mona Lisa di Paris

Minggu, 28 Januari 2024 - 18:10 WIB
loading...
2 Aktivis Lingkungan Lemparkan Sup ke Lukisan Mona Lisa di Paris
Aktivis lingkungan melempar sup ke lukisan Mona Lisa. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Dua pengunjuk rasa lingkungan melemparkan sup ke Mona Lisa di Louvre di Paris, Prancis. Mereka menyerukan makanan sehat dan berkelanjutan, meskipun lukisan itu, yang berada di balik kaca anti peluru, tampaknya tidak rusak.

Pengunjung galeri menyaksikan dengan kaget ketika dua wanita melemparkan sup berwarna kuning, sebelum memanjat ke bawah penghalang di depan karya tersebut dan mengapit lukisan yang berceceran itu, tangan kanan mereka terangkat seperti memberi hormat.

Melansir The Guardian, salah satu dari dua aktivis tersebut melepas jaketnya dan memperlihatkan kaus putih bertuliskan slogan kelompok aktivis lingkungan Riposte Alimentaire (Respon Pangan) dengan huruf hitam.

Cuplikan film peristiwa yang diposting di X menangkap penyerangan terhadap mahakarya Leonardo da Vinci, serta helaan napas para pengunjung dan tangisan anak-anak yang tampaknya kaget dengan kejadian tersebut.

Staf Louvre bergegas memasang layar kain hitam di sekeliling lukisan dan para pengunjuk rasa, namun gagal menghalangi pemandangan tempat kejadian secara efektif.



Sebelumnya, lukisan itu diserang pada Mei 2022 ketika seseorang melemparkan kue custard ke lukisan itu, namun lukisan itu tidak terluka. Lukisan yang paling banyak dilihat di dunia ini telah lama dilindungi di balik casing kaca tebal.

Riposte Alimentaire adalah bagian dari gerakan payung kelompok protes A22 di 12 negara, yang juga mencakup Just Stop Oil dan Extinction Rebellion.

Pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana para wanita tersebut berhasil menyelundupkan sup ke Louvre, karena kontrol tas yang ketat di sebagian besar galeri besar sekarang menjadi praktik normal karena banyak serangan lain terhadap lukisan, termasuk serangan kentang tumbuk pada tahun 2022 oleh Letzte Generation (Terakhir Generation) aktivis lukisan Les Meules (Haystacks) karya Claude Monet di galeri Barberini di Potsdam, Jerman. Mereka kemudian menempelkan tangan mereka ke dinding.

Sebelumnya, Just Stop Oil menuangkan sup tomat ke atas Bunga Matahari karya Vincent van Gogh di Galeri Nasional di London.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)