Daftar Jubir 4 Kelompok Militan Islam yang Paling Ditakuti Israel

Minggu, 28 Januari 2024 - 14:40 WIB
loading...
Daftar Jubir 4 Kelompok Militan Islam yang Paling Ditakuti Israel
Abu Ubaidah, juru bicara sayap militer Hamas Brigade al-Qassam. Hamas menjadi salah satu kelompok militan Islam yang berani melawan Israel. Foto/Alqassam.net
A A A
JAKARTA - Ada empat kelompok militan Islam di Timur Tengah yang sangat ditakuti Israel. Semuanya sedang berperang dengan militer Zionis, baik secara langsung, sekadar saling serang lintas batas, maupun menyerang kepentingan-kepentingan Israel.

Aksi kelompok-kelompok militan tersebut telah mengancam ekistensi Israel, termasuk menghancurkan ekonomi dan memicu goncangan politik negara Yahudi tersebut.

Meski berjuang masing-masing, tujuan mereka sama—yakni membela Palestina. Keberhasilan aksi mereka hingga menyita perhatian media-media internasional tak lepas dari para juru bicara (jubir).

Para jubir tersebut aktif memberikan kontranarasi atas pemberitaan dan propaganda Zionis Israel.

Daftar Jubir dari 4 Kelompok Militan Islam yang Paling Ditakuti Israel

1. Hamas


Hamas telah menjadi ancaman paling nyata bagi Israel. Kelompok ini sukses meluncurkan serangan spektakuler pada 7 Oktober lalu, yang dikenal sebagai Operasi Badai al-Aqsa—dengan korban tewas sekitar 1.139 orang di Israel.

Hamas adalah sebuah organisasi politik dan militer di Palestina. Didirikan sekitar 1987, keberadaannya tak bisa dilepaskan dari sosok Sheikh Ahmed Yassin.

Hamas menjadikan Israel sebagai musuh utamanya. Berjuang atas nama nama Palestina, mereka terus melakukan perlawanan bersenjata terhadap pendudukan yang dilakukan negara Yahudi tersebut.

Hamas awalnya adalah cabang dari Ikhwanul Muslimin. Namun, mereka sukses membangun pengaruhnya sendiri dan terus memperjuangkan kebebasan Palestina.

Hamas memiliki sayap militer bernama Brigade Izz ad-Din al-Qassam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)