Di Stadion Bima Cirebon, Ganjar: Menyalahgunakan Kekuasaan dan Kewenangan Haram Hukumnya

Sabtu, 27 Januari 2024 - 13:04 WIB
loading...
Di Stadion Bima Cirebon, Ganjar: Menyalahgunakan Kekuasaan dan Kewenangan Haram Hukumnya
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyampaikan orasi kebangsaan saat menyapa puluhan ribu warga Cirebon yang membanjiri Stadion Bima. Foto/MPI/muhammad farhan
A A A
CIREBON - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyampaikan orasi kebangsaan saat menyapa puluhan ribu warga Cirebon yang membanjiri Stadion Bima pada Sabtu (27/1/2024) pagi. Ganjar menegaskan kekuasaan itu hanya lah titipan, jadi jangan disalahgunakan karena kewenangannya haram hukumnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua peride itu dengan lantang mengatakan, menjunjung integritas adalah nilai yang paling utama. Dia mengatakan hal tersebut lantaran mengingatkan pendukungnya kekuasaan bukan untuk selama-lamanya.

"Buat kami jabatan itu bukanlah selama-lamanya, betul ya? Jabatan itu ada batasnya. Maka siapa pun yang memegang jabatan di Republik ini ada batasnya," tegas Ganjar disambut sorak sorai pendukungnya.



Pria berambut putih itu juga menjelaskan kekuasaan dari seorang pemimpin adalah amanah yang harus dijaga karena itu sebuah titipan. Baginya, penyalahgunaan kekuasaan, bahkan sampai tergoda untuk menjaganya selama-lamanya adalah haram hukumnya. "Maka ketika kita semua mendapatkan amanah, haram hukumnya untuk menyalahgunakan kekuasan itu. Setuju?" ujarnya.



Capres yang lahir di Karanganyar, Jawa Tengah itu menjelaskan amanah kepemimpinan itu adalah pesan yang sudah dimaktubkan di konstitusi. Oleh sebab itu, Ganjar tegas meneriakkan kepemimpinan itu harus anti KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

"Maka ketika kita bicara harus membawa amanah dan harus dilaksanakan dengan baik-baik, harus anti KKN, maka laksanakanlah amanah konstitusi itu dengan baik. Setuju ya? Betul ya?" tanyanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)