alexametrics

KPK Periksa 22 Saksi Dugaan Kasus Suap Eks Gubernur Sumut

loading...
KPK Periksa 22 Saksi Dugaan Kasus Suap Eks Gubernur Sumut
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan KPK kembali memeriksa mantan dan anggota DPRD dalam dugaan kasus suap mantan Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho. Foto/SINDOphoto
A+ A-
MEDAN - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pemeriksaan terhadap mantan dan anggota DPRD, serta staf sekretariat DPRD Sumatera Utara (Sumut) dalam dugaan kasus suap mantan Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho.

Pemeriksaan itu terkait penyidikan terhadap 38 tersangka yang dilakukan di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut, Medan, Selasa (22/5/2018). "Hari ini, 22 Mei 2018 diagendakan pemeriksaan terhadap 22 saksi untuk 38 tersangka anggota DPRD Sumut. Pemeriksaan rencananya di Kantor Kejati Provinsi Sumut," jelas Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Namun, Febri belum memberikan rincian siapa saja yang diperiksa. Sampai saat ini KPK sudah mencatat sekitar 150 saksi telah diperiksa dalam proses penyidikan dan sekitar 30 anggota DPRD telah mengembalikan uang.

"Kami sedang mengidentifikasi pihak-pihak yang menerima dan bersifat koperatif atau sebaliknya," jelasnya.

Total pengembalian uang dalam kasus ini sejak proses penyidikan terhadap 38 anggota DPRD Sumut sebesar Rp3,7 miliar. "Kami ingatkan kembali, sikap koperatif dan pengembalian uang akan dihargai sebagai faktor meringankan dalam penanganan kasus ini," pungkas Febri.

Berdasarkan pantauan, ada sejumlah mantan dan anggota DPRD Sumut yang menjalani pemeriksaan di Kejati Sumut yakni Wakil Ketua DPRD Sumut HT Milwan, Anggota DPRD Sumut Hanafi Harahap, Siti Aminah, Jamaludin Hasibuan dan beberapa staf Sekretariat DPRD Sumut.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak