5 Fakta Monumen Persatuan Korut-Korsel yang Disebut Dihancurkan Kim Jong-un

Jum'at, 26 Januari 2024 - 14:42 WIB
loading...
5 Fakta Monumen Persatuan Korut-Korsel yang Disebut Dihancurkan Kim Jong-un
Monumen Persatuan Korut-Korsel di Pyongyang yang disebut telah dihancurkan atas perintah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/Kim Il Sung- Kim Jong Il Foundation
A A A
JAKARTA - Monumen persatuan Korea Utara (Korut)-Korea Selatan (Korsel) di Pyongyang dilaporkan telah dihancurkan atas perintah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Penghancuran bangunan tersebut terjadi tak lama setelah Kim menyebut reunifikasi kedua Korea sudah tidak mungkin terjadi.

Laporan Reuters, yang mengutip dari NK News, menyebutkan bahwa citra satelit yang membidik Pyongyang awal pekan lalu menunjukan pemandangan baru di wilayah ibu kota Korea Utara tersebut. Sebuah bangunan monumen yang melambangkan persatuan kedua Korea sudah tidak ada lagi.

Laporan raibnya bangunan itu belum bisa diverifikasi secara independen. Pemerintah Kim Jong-un juga belum mengonfirmasi laporan penghancuran monument tersebut.

5 Fakta Unik Monumen Persatuan Korut-Korsel

1. Nama Resmi


Nama resmi dari bangunan yang menjadi lambang persatuan dua Korea tersebut adalah Three Charters for National Reunification. Arti dalam bahasa Indonesia adalah Monumen Tiga Piagam Reunifikasi Nasional.

2. Lokasi


Monumen Tiga Piagam Reunifikasi Nasional berada di barat daya Pyongyang, Ibu Kota Korea Utara. Bangunannya membentang di atas Jalan Raya Reunifikasi (Tongil).

Sebagai informasi, jalan tersebut menghubungkan Pyongyang dengan kota perbatasan selatan Kaesong. Biasanya para pengunjung dapat melihat monumen tersebut ketika meninggalkan Pyongyang menuju Kaesong.

3. Sejarah


Monumen Tiga Piagam Reunifikasi Nasional memiliki sejarah yang penting, termasuk membawa harapan persatuan dua Korea di masa depan.

Monumen tersebut mulai dirancang sekitar Agustus 2001. Itu berjarak hanya satu tahun setelah KTT antar-Korea pertama yang mempertemukan Kim Jong-il dari Korut dan Kim Dae-jung dari Korsel di Pyongyang.

4. Bentuk


Monumen Tiga Piagam Reunifikasi Nasional dibangun dari beton dengan tinggi mencapai 30 meter. Salah satu hal menarik dari monumen ini bisa dilihat dari bentuknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)