Uang Pangkal Kuliah Kedokteran di Top 3 PTS, Ada yang Capai Rp262 Juta

Kamis, 25 Januari 2024 - 14:07 WIB
loading...
Uang Pangkal Kuliah Kedokteran di Top 3 PTS, Ada yang Capai Rp262 Juta
Uang pangkal kuliah kedokteran di beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ini bisa jadi informasi bermanfaat. Foto/UPH.
A A A
JAKARTA - Uang pangkal kuliah kedokteran di beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ini bisa jadi informasi bermanfaat bagi yang ingin melanjutkan pendidikannya di prodi kedokteran .

Sejumlah PTS memang memiliki biaya kuliahnya tersendiri, baik itu terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya praktikum, hingga uang pangkal. Namun tidak semua PTS memberlakukan uang pangkal dalam proses pendaftarannya.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Pendidikan Kedokteran di UNP Padang, Lebih Murah Dibanding Kampus di Jawa?

Uang pangkal pada dasarnya merupakan uang biaya yang perlu dikeluarkan mahasiswa sebanyak satu kali selama proses perkuliahan, biasanya uang ini akan diminta pada saat awal semester sebelum masuk perkuliahan.

Uang Pangkal Kuliah Kedokteran di Top 3 PTS

1. Universitas Muhammadiyah Surakarta


Universitas Muhammadiyah Surakarta memberlakukan uang pangkal atau dana pengembangan untuk setiap fakultas, di tahun 2023 lalu.

Untuk dana pengembangan bagi setiap mahasiswa yang telah terdaftar sebagai mahasiswa kedokteran di Universitas Muhammadiyah Purwakarta harus membayar uang pangkal sebesar Rp225,5 juta.

Sementara untuk biaya kuliahnya sendiri, UMS menerapkan biaya per SKS sebesar Rp1.041.000.

2. Universitas Pelita Harapan


PTS yang terletak di Tangerang ini menetapkan uang pangkal sebesar Rp160 juta. ditambah dengan biaya orientasi dan jaket almamater seharga Rp85 juta. Sehingga totalnya bisa mencapai Rp245 juta di tahun 2023 lalu.

Baca juga: Fakultas Kedokteran dengan Tingkat Persaingan Tertinggi di Indonesia, UGM dan Unsoed Bersaing

Sedangkan untuk biaya per semester di UPH capai Rp64 juta untuk semester pertama. Sedangkan biaya pendidikan dari semester dua hingga selesai berkisar Rp584 jutaan.

3. Universitas Kristen Maranatha


Dilansir dari data Tabel Biaya Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Maranatha 2023/2024, total biaya kuliah yang harus dibayarkan di jurusan kedokteran bisa lebih dari Rp314 juta.

Biaya tersebut terdiri dari uang pangkal sebesar Rp262 juta, paket semester satu Rp49,5 juta, pelayanan kesehatan Rp390 ribu, dan biaya orientasi serta jaket almamater Rp2,15 juta.

Itulah uang pangkal kuliah kedokteran yang harus dibayarkan jika nantinya calon mahasiswa diterima di tiga PTS tersebut.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)