alexametrics

Politikus PDIP Ini Dukung Dihidupkannya Kembali Koopssusgab

loading...
Politikus PDIP Ini Dukung Dihidupkannya Kembali Koopssusgab
Dihidupkannya kembali Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk memberantas terorisme didukung oleh Anggota Komisi I DPR Evita Nursanty. Foto/dpr.go.id
A+ A-
JAKARTA - Dihidupkannya kembali Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk memberantas terorisme didukung oleh Anggota Komisi I DPR Evita Nursanty. Sebab, dihidupkannya Koopssusgab TNI itu dianggap tepat.

"Jadi pandangan saya pribadi Koopssusgab bagus sekali disiapkan sebagai bentuk bantuan dari TNI kpd Polri," ujar Evita Nursanty kepada SINDOnews, Kamis (17/5/2018).

Namun, kata dia, penggunaan Koopssusgab harus tetap mengacu kepada Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. "Terutama operasi militer selain perang (OMSP). Kecuali ada keputusan lain dalam revisi Undang-Undang Terorisme," ujar Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Dia melanjutkan, Koopssusgab akan menjadi domainnya Panglima TNI yang nanti akan berkoordinasi dengan Kapolri bilamana sewaktu-waktu dibutuhkan. "Kita ingat ancaman itu bisa punya skala yang lebih kecil hingga besar yang membutuhkan kesiapan dalam waktu yang cepat dalam hal ini Koopssusgab TNI bisa membantu," bebernya.

Evita menambahkan, Koopssusgab pernah dibentuk pada tahun 2015 ketika Moeldoko masih menjadi Panglima TNI. "Dan tidak perlu tunggu revisi Undang-undang Antiterorisme. Jadi wewenangnya ada di Panglima TNI karena ini kan soal internal atau gabungan pasukan TNI," pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak