alexametrics

Pemilu Malaysia Dinilai Jadi Pelajaran Parpol Gaet Pemilih Pemula

loading...
Pemilu Malaysia Dinilai Jadi Pelajaran Parpol Gaet Pemilih Pemula
Diskusi bertajuk Analisis Pemilu Malaysia dan Pelajaran buat Indonesia, di Gedung DKPP, Jakarta, Rabu (16/5/2018). Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh
A+ A-
BERITA TERKINI - Keberhasilan Mahathir Mohamad memenangkan Pemilu Malaysia dengan mengalahkan petahana Najib Razak sempat mendapat perhatian masyarakat Indonesia. Sebab Indonesia juga akan menggelar pemilu serentak pada 2019.

Pemerhati pemilu, Harun Husein menganggap sosok Mahathir telah berhasil menampilkan oposisi, meski dari segi usia sudah tidak muda lagi.

"Faktor Mahathir, faktor oposisinya lagi naik daun dan partisipasi pemilihnya tinggi," ucap Husein dalam diskusi bertajuk Analisis Pemilu Malaysia dan Pelajaran buat Indonesia, di Gedung Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Husein mengatakan, partisipasi pemilih pemula di Malaysia meningkat drastis. Pemilih pemula ini yang dimanfaatkan oleh Mahathir dalam meraup suara dengan sistem distrik.

Dia mengatakan, Mahathir mengangkat sejumlah isu yang populer seperti menggratiskan pajak kepada generasi muda seperti pajak SIM, serta kampanye mengangkat isu kegagalan petahana.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak