Pegiat Wisata Gunungkidul Keluhkan Minimnya Fasilitas Internet, Ganjar: Nanti Ada Gratis dan Super Cepat

Selasa, 23 Januari 2024 - 00:05 WIB
loading...
Pegiat Wisata Gunungkidul Keluhkan Minimnya Fasilitas Internet, Ganjar: Nanti Ada Gratis dan Super Cepat
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi objek wisata Gua Ngingrong Desa Wisata Mulo Gunungkidul, Yogyakarta. Foto/MPI/achmad al fiqri
A A A
YOGYAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi objek wisata Gua Ngingrong Desa Wisata Mulo Gunungkidul, Yogyakarta. Dalam kunjungannya Ganjar mendengarkan aspirasi ribuan pegiat wisata Gunungkidul.

Para pegiat pun mengeluhkan promosi wisata daerahnya. Keterbatasan pengetahuan dan fasilitas internet menjadi penyebabnya. Kepada Ganjar, para pegiat wisata itu menyampaikan problem pengembangan wisata di daerahnya.

"Kami ini punya objek wisata Gua Ngingrong yang sudah diakui UNESCO. Ini gua yang di dalamnya ada sungai dan telaga bawah tanah. Tapi sayang, lokasi ini masih sepi Pak, ramai hanya akhir pekan," ucap Oki, pengelola objek wisata Goa Ngingrong.

Menurutnya, promosi menjadi kendala utama pengembangan objek wisata itu. Selain itu, sumber daya manusia yang belum optimal serta ketersediaan fasilitas internet juga menjadi kendala.


Atas dasar itu. Oki berharap, Ganjar mempunyai program prioritas dalam pengembangan desa wisata di Indonesia. Selain itu, juga pelatihan bagi anak muda agar desa wisata bisa berkembang. "Apa program Bapak ke depan untuk pengembangan desa wisata. Kami ingin mendengar," ucapnya.

Merespons itu, Ganjar mengatakan, pengembangan desa khususnya desa wisata menjadi program prioritasnya. Ganjar meyakini, pembangunan Indonesia harus dimulai dengan pembangunan desa.



"Kalau soal promosi memang penting. Makanya, kami punya program internet super cepat, gratis dan merata. Mau tidak punya internet cepat dan gratis? Tenang, nanti ada program itu," kata Ganjar.

"Mau banget Pak, cocok Pak buat kita," teriak Oki dan ribuan warga lainnya sambil tepuk tangan.

Program internet super cepat, gratis dan merata adalah upaya Ganjar mempercepat pembangunan Indonesia, termasuk desa wisata. Dengan program itu, desa-desa yang indah di seluruh Indonesia bisa dipromosikan dan dikenal dunia.

"Nanti anak muda dilatih, kami buatkan creative hub di seluruh daerah sebagai tempat mereka berkarya dan berkreasi. Nanti mereka diajari ngonten, diajari promosi dan mengenalkan potensi daerahnya masing-masing dengan segala kearifan lokalnya," jelasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)