Manfaatkan Teknologi, Alam Ganjar Berbagi Tips Kembangkan UMKM ke Anak Muda Manado

Minggu, 21 Januari 2024 - 12:20 WIB
loading...
Manfaatkan Teknologi, Alam Ganjar Berbagi Tips Kembangkan UMKM ke Anak Muda Manado
Muhammad Zinedine Alam Ganjar berbagi tips bagaimana pelaku UMKM bisa terus berinovasi dalam kegiatan Creative Talk Pengembangan Inovasi UMKM Berbasis Kerakyatan Bagi Gen Z. Foto/Dok
A A A
MANADO - Muhammad Zinedine Alam Ganjar berbagi tips bagaimana pelaku UMKM bisa terus berinovasi dalam kegiatan Creative Talk 'Pengembangan Inovasi UMKM Berbasis Kerakyatan Bagi Gen Z' di salah satu tempat nongkrong anak muda di kawasan Sario Utara, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (20/1).

Dalam kesempatan tersebut Alam ditemani oleh Orlan Maleke, Founder Putra Tani Makobang dan dipandu oleh Moderator Wulan Pangarepan.

Putra tunggal Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo --yang juga diusung oleh Partai Perindo itu, mengungkapkan soal bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan dalam upaya pengembangan UMKM dan pelaku industri dituntut untuk terus berinovasi.

"Senjata utama UMKM saat ini adalah teknologi karena saat ini pelaku industri kreatif dituntut harus terampil dalam mengakses fitur dan memanfaatkan apps untuk berjualan menggunakan gadget," ungkap Alam.



Lanjut Alam, menurutnya saat ini pemanfaatan internet dan sosial media bisa digunakan untuk belajar dan memperoleh informasi terkait pengembangan model bisnis seperti apa yang tepat untuk pelaku industri UMKM.

"Sosial media bisa kita manfaatkan untuk menemukan beberapa referensi dan inspirasi yang bisa kita modifikasi sesuai dengan model kita masing-masing karena apabila kita bisa gunakan ini tentu akan mempercepat perkembangan pelaku industri usaha," lanjut Alam.

Dia mengakhiri perjalanannya dalam diskusi tersebut. Seusai kegiatan berakhir, dirinya lalu menuju bandara untuk melanjutkan perjalanan menuju bandara.

Sebelumnya Alam terlihat berada di warung Aheng untuk menikmati sarapan pagi bersama masyarakat. Alam terlihat menyantap menu mie cakalang dengan lahap. Dirinya memang gemar berkuliner dan senang menikmati masakan khas Manado.

Alam sendiri berada di Sulawesi Utara selama dua hari dengan mengunjungi berbagai tempat dan pemuda di sana. Alam mengaku senang atas kunjungannya ke Sulawesi Utara.

Dirinya berharap kelak bisa kembali ke Sulawesi Utara, mengenalkan keindahan alam dan kuliner yang dimiliki wilayah tersebut.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)