Belajar Jurnalistik, Mahasiswa Sanata Dharma Yogyakarta Kunjungi SINDO

Kamis, 03 Mei 2018 - 17:00 WIB
Belajar Jurnalistik, Mahasiswa Sanata Dharma Yogyakarta Kunjungi SINDO
Belajar Jurnalistik, Mahasiswa Sanata Dharma Yogyakarta Kunjungi SINDO
A A A
JAKARTA - Sebanyak 45 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma Yogyakarta mengunjungi Gedung SINDO di Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (3/5/2018). Kunjungan tersebut untuk mengetahui lebih dalam mengenai cara kerja jurnalistik, baik di media cetak maupun online.

Pendamping mahasiswa, Septiana Krismawati mengatakan, kunjungan ke media merupakan agenda rutin tahunan yang diikuti oleh mahasiswa semester 6. "Tujuan dari kunjungan ini untuk mengenalkan dan mendekatkan mahasiswa ke lapangan kerja yang akan mereka geluti nanti," katanya di sela kunjungan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa mendapatkan ilmu langsung dari para pelaku jurnalistik. Sehingga informasi yang didapat bisa melengkapi teori yang dipelajari di kampus.

Kunjungan berlangsung santai dalam dialog dua arah. Sejumlah mahasiswa antusias mengajukan pertanyaan mengenai seputar penulisan opini, alur kerja pembuatan berita media cetak dan online, serta lainnya.

Redaktur Pelaksana (Redpel) SINDOnews, Puguh Hariyanto menjelaskan, mahasiswa bisa menyalurkan minat menulisnya melalui berbagai medium. Tidak hanya media mainstream (koran, majalah, situs berita online), tapi juga media sosial seperti blog, Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya. "Menulis saja terus, jangan putus asa meskipun tidak dimuat di koran," katanya.

Yang perlu diperhatikan agar artikel dimuat di media massa adalah tema tulisan. Tema harus memiliki kedekatan dengan pembaca dan menyangkut isu hangat yang sedang dibicarakan oleh masyarakat luas. "Jangan lupa juga pelajari model penulisan di media yang dituju, alurnya seperti apa. Sehingga nanti tulisannya akan sesuai dengan yang diinginkan oleh redaksi," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Puguh juga menjelaskan bahwa dalam pembuatan berita, di samping kecepatan, SINDOnews tetap mengutamakan keakuratan informasi. Hal ini untuk memastikan para pembaca mendapatkan informasi yang benar.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5583 seconds (0.1#10.140)