5 Penyakit yang Bisa Diobati dengan Belimbing Sayur, Apa Saja?

Sabtu, 20 Januari 2024 - 04:40 WIB
loading...
5 Penyakit yang Bisa Diobati dengan Belimbing Sayur, Apa Saja?
Belimbing sayur atau dikenal juga sebagai belimbing wuluh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Belimbing sayur atau dikenal juga sebagai belimbing wuluh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya membantu mengatasi hipertensi.

Belimbing sayur merupakan jenis buah yang biasa digunakan sebagai pelengkap masakan. Memiliki rasa asam yang khas, orang-orang juga sering menjadikannya manisan dengan tambahan gula.

Terlepas dari statusnya sebagai bahan pelengkap masakan, belimbing sayur ternyata sudah menjadi obat herbal yang sering dipakai dalam pengobatan tradisional. Berbagai kandungan di dalamnya diketahui menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Lantas, apa saja penyakit yang bisa dibantu pengobatannya dengan belimbing sayur? Dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (19/1/2024), berikut di antaranya yang dapat disimak.


Penyakit yang Bisa Diobati dengan Belimbing Sayur

1. Wasir

Pada salah satu kandungannya, belimbing sayur memiliki unsur antiinflamasi seperti tanin dan terpen. Senyawa tersebut bisa mengurangi pembengkakan di area pembuluh darah anus dan rektum atau biasa dikenal sebagai wasir.

Tak hanya dikonsumsi secara langsung, manfaat ini bisa diaplikasikan juga dengan membalurkan ekstrak buah dan daun belimbing sayur pada area yang bermasalah. Pada beberapa percobaan, cara ini dikatakan cukup efektif untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat wasir.

2. Hipertensi

Belimbing sayur juga memiliki manfaat mengontrol tekanan darah, sehingga bisa mencegah terjadinya hipertensi. Mengutip laman Sehat Negeriku Kemkes, khasiat ini bisa diambil dari kandungan antioksidan serta protein di dalamnya.

Selain itu, kandungan kalium pada belimbing sayur juga berguna membantu melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Manfaatnya ini dikatakan dapat diambil dengan mengonsumsi rebusan belimbing sayur, namun efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Jerawat

Berikutnya ada jerawat. Mengutip laman Pustaka Setjen Kementerian Pertanian, beberapa penelitian menunjukan bahwa ekstrak belimbing wuluh memiliki kandungan seperti tanin, saponin, triterpenoid, dan flavonoid.

Kandungan tersebut punya kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri. Sejalan dengan manfaatnya, belimbing sayur dapat dijadikan pilihan alternatif untuk pengobatan penyakit seperti acne vulgaris. Hal ini karena ekstraknya memiliki sifat antimikroba yang bisa menyebabkan sel bakteri menjadi lisis.


4. Batuk dan Pilek

Belimbing sayur juga mampu mengobati batuk dan pilek. Manfaat ini didapat dari kandungan saponin triterpen yang bisa memberikan efek antitusif dan ekspektoran.

Selain itu, khasiatnya juga bisa diambil dari kandungan vitamin C pada belimbing sayur. Jenis vitamin ini akan membantu memberi manfaat terhadap fungsi kekebalan tubuh.

5. Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan kondisi naiknya kadar gula dalam darah. Masalah kesehatan ini biasa muncul pada pengidap diabetes yang tidak menjalankan gaya hidup sehat atau sesuai anjuran dokter.

Beberapa studi menunjukkan kandungan flavonoid pada belimbing sayur bisa membantu mengontrol aktivitas insulin pada tubuh. Selain itu, antioksidan juga akan berperan menekan aktivitas enzim a-glukosidase yang bisa meningkatkan kadar glukosa darah.

Demikian ulasan mengenai deretan penyakit yang bisa diobati dengan belimbing sayur. Semoga bermanfaat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)