Penyebab Menurunnya Jumlah Sperma Manusia Akhirnya Terkuak

Minggu, 21 Januari 2024 - 06:56 WIB
loading...
Penyebab Menurunnya Jumlah Sperma Manusia Akhirnya Terkuak
Penyebab Menurunnya Jumlah Sperma Manusia Akhirnya Terkuak. FOTO/ DAILT
A A A
LONDON - Sebuah tinjauan literatur medis terbaru yang diterbitkan di jurnal Human Reproduction Update menunjukkan jumlah sperma manusia telah menurun lebih dari 50% di seluruh dunia selama 50 tahun terakhir. Penelitian ini menganalisis data dari 185 studi yang dilakukan di 53 negara.


Seperti dilansir dari New Science,Jumlah sperma rata-rata turun dari 104 juta sel per mililiter air mani pada tahun 1973 menjadi 49 juta sel per mililiter pada tahun 2018. Penurunan ini terjadi pada semua kelompok usia, tetapi lebih cepat terjadi pada pria yang lebih muda.

Penurunan jumlah sperma ini dapat berdampak pada kesuburan pria. Pria dengan jumlah sperma rendah lebih mungkin mengalami infertilitas.

Para peneliti belum mengetahui secara pasti apa penyebab penurunan jumlah sperma ini. Namun, ada beberapa faktor yang diduga berperan, antara lain:

Perubahan gaya hidup: Faktor-faktor gaya hidup seperti obesitas, merokok, konsumsi alkohol, dan paparan polusi telah dikaitkan dengan penurunan jumlah sperma.

Paparan bahan kimia: Paparan bahan kimia tertentu, seperti pestisida dan polutan lingkungan, juga dapat merusak sperma.

Gangguan endokrin: Gangguan endokrin, seperti hipotiroidisme dan hiperprolaktinemia, dapat memengaruhi produksi sperma.

Faktor genetik: Faktor genetik juga diduga berperan dalam penurunan jumlah sperma.

Para peneliti sedang melakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami penyebab penurunan jumlah sperma ini dan untuk mengembangkan strategi untuk mencegah atau membalikkan kondisi ini.

penurunan ini dikaitkan dengan meningkatnya paparan pestisida. Pestisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membunuh hama, seperti serangga, gulma, dan jamur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)