Seliidiki Rekam Jejak, Pansel Calon Hakim MK Gandeng KPK dan BPK

Rabu, 02 Mei 2018 - 16:03 WIB
Seliidiki Rekam Jejak, Pansel Calon Hakim MK Gandeng KPK dan BPK
Seliidiki Rekam Jejak, Pansel Calon Hakim MK Gandeng KPK dan BPK
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Panitia Seleksi (Pansel) calon hakim konstitusi. Pansel ini diketuai mantan Wakil Ketua Mahkamah Kontitusi (MK), Harjono.

Harjono mengatakan, seleksi dilakukan untuk mengisi kekosongan hakim konsitusi di MK. Pansel, kata Harjono, membuka kesempatan bagi seluruh warga negara Indonesia untuk mendaftar sebagai calon hakim.

"Kita akan seleksi untuk dapat calon hakim yang paling bagus," ujar Harjono di Gedung Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Untuk memastikan kualitas calon hakim konstitusi, kata Harjono, Pansel menggandeng media massa dan masyarakat untuk bersama-sama memberikan informasi terkait sosok-sosok yang mendaftar.

Nantinya, Pansel juga akan membuka masukan dari masyarakat terkait para calon hakim tersebut. "Harapannya kita akan mendapat yang terbaik untuk menjadi eksistensi MK," imbuh Harjono.

Selain menggandeng media massa dan masyarakat, Pansel juga akan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melihat integritas serta rekam jejak harta sang calon.

"Karena tidak mudah mendapatkan track record seseorang, kita juga meminta masyarakat melaporkan rekam jejak calon, jika ada," kata Harjono.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6432 seconds (0.1#10.140)