alexametrics

KSPI Dukung Prabowo, Pengamat: Itu Tidak Politis

loading...
KSPI Dukung Prabowo, Pengamat: Itu Tidak Politis
ribuan buruh menggelar aksi demontrasi di Jakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai tak ada politisasi dalam momen Hari Buruh terkait deklarasi dukungan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2019.

Adi mengatakan, deklarasi KSPI sejatinya merupakan dukungan moral bagi Prabowo agar 'pede' maju sebagai capres di pemilu mendatang. "Kalau deklarasi itu bukan politis. Karena itu hanya sebatas dukungan agar Prabowo maju," kata Adi kepada Sindonews, Rabu (2/5/2018).

Adi menambahkan, deklarasi dukungan KSPI kepada Prabowo juga bukan kampanye terselubung sebagaimana dilarang dalam Undang-undang Pemilu. Deklarasi dukungan bisa disebut melanggar, kata Adi, bila Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden secara definitif. "Dan saat ini kan belum ada calon yang resmi," imbuh Adi.



Menilik pidato-pidato buruh pada momen deklarasi tersebut, kata Adi, buruh hanya menyampaikan dukungan kepada Prabowo. Dalam pidato itu juga tidak ada ajakan untuk memilih Prabowo.

Bila deklarasi dukungan KSPI kepada Prabowo dipersoalkan, lanjut Adi, maka banyak masyarakat yang harus didelik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lantaran banyaknya dukungan serupa kepada Joko Widodo (Jokowi) untuk melanjutkan dua periode.

"Deklarasinya banyak di mana-mana. Dan itu bukan kategori kampanye," kata Adi.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak