Ganjar Disebut Capres Potensial 2024, Hasto: Penentunya Tetap Megawati

loading...
Ganjar Disebut Capres Potensial 2024, Hasto: Penentunya Tetap Megawati
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto/dok.SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Sejumlah kepala daerah berpeluang maju sebagai calon presiden atau calon wakil presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Di antaranya nama-nama potensial yang beredar, ada kader PDIP seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, hingga Ketua DPR Puan Maharani.

Nama Puan belakangan juga kerap disandingkan dengan nama Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, untuk menjadi seorang pemimpin apalagi presiden, salah satunya adalah diukur dari kemampuan mengenal seluruh rakyat Indonesia. Ini termasuk apakah yang bersangkutan pernah keliling Indonesia. Menurut Hasto hal itu memang pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Dan Kongres telah mengamanatkan bahwa berkaitan dengan capres dan cawapres, nanti Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri yang diberikan mandat oleh Kongres untuk menetapkan hal tersebut (pencapresan) dan seluruh jajaran partai terus melaksanakan konsolidasi sehingga tiba momentum politiknya, kami semua siap menjalankan perintah Ibu Ketua Umum," ujar Hasto kepada wartawan secara virtual di sela pengumuman calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di 75 kabupaten/kota, Selasa (11/8/2020).

(Baca: 4 Gubernur Berpeluang Nyapres, Ini Elektabilitasnya)



Hasto mengatakan, jika saat ini muncul nama-nama sejumlah kader partai dalam radar bursa capres atau cawapres potensial seperti Ganjar Pranowo atau Puan Maharani, semua itu adalah bagian dari proses kaderisasi kepemimpinan yang dilakukan PDIP. "Demikian pula para menteri yang berasal dari PDI Perjuangan, mereka semua dipersiapkan secara matang oleh PDI Perjuangan," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengeluarkan pernyataan bahwa ada lima gubernur yang membuat kebijakan keputusan dan statemen terukur rapi untuk investasi capres maupun cawapres.

Tjahjo memang tak menyebut nama gubernur yang dimaksud. Namun, berdasarkan sejumlah survei, setidaknya ada empat gubernur yang namanya kerap masuk dalam survei elektabilitas capres 2024. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
(muh)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top