Masjid Diharapkan Jadi Pilar Ketahanan Umat Redam Radikalisme

Sabtu, 28 April 2018 - 22:05 WIB
Masjid Diharapkan Jadi Pilar Ketahanan Umat Redam Radikalisme
Masjid Diharapkan Jadi Pilar Ketahanan Umat Redam Radikalisme
A A A
JAKARTA - Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan (BG) mengatakan, masjid harus menjadi pilar ketahanan umat (society resilience) dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan.

Hal itu dikatakan Budi Gunawan saat memberi sambutan di acara silaturahmi dengan Takmir Masjid se-Jawa Tengah di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Sabtu (28/4/2018).

"Saya mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya terkait peran positif yang selalu diberikan para ulama/kiai dan para takmir masjid, dalam merawat prinsip kebersamaan dan kerukunan kebangsaan di Indonesia," kata BG.

Budi Gunawan berharap, para takmir masjid dapat menggali dan menginventarisir potensi-potensi yang ada untuk kepentingan umat.

"Baik dari sisi advokasi, pemberdayaan dan sebagainya sehingga kerahmatan Masjid dapat dirasakan oleh masyarakat," ucapnya.

"Seperti pelatihan peningkatan kapasitas (capacity building training) dalam rangka mendorong dan meningkatkan kemampuan takmir masjid, mewujudkan masjid media sebagai penyebaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan pemersatu bangsa," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan BG, takmir masjid harus menjadi garda terdepan dalam membentengi tempat ibadah masing-masing dari paham radikal maupun politik praktis.

"Agar Masjid tidak menjadi tempat penyebaran ujaran kebencian, terutama menjelang tahun-tahun politik seperti saat ini," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9545 seconds (0.1#10.140)