Mau Kuliah Tapi Terkendala Umur? Ini 9 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Batas Usia yang Buka 2024

Kamis, 18 Januari 2024 - 12:04 WIB
loading...
Mau Kuliah Tapi Terkendala Umur? Ini 9 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Batas Usia yang Buka 2024
Australian Awards Scholarship menjadi satu dari 9 jenis beasiswa luar negeri jenjang S1-S3 tanpa syarat batas usia bagi calon pendaftarnya yang buka pendaftaran di 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 9 jenis beasiswa luar negeri jenjang S1-S3 tanpa syarat batas usia yang buka pendaftaran tahun 2024. Melanjutkan studi ke luar negeri dengan beasiswa masih menjadi idaman banyak orang Indonesia yang terkendala biaya.

Seperti halnya banyak beasiswa lain, rata-rata beasiswa kampus luar negeri juga memiliki banyak persyaratan. Dan salah satu syarat wajib itu antara lain soal batas usia. Syarat inilah terkadang yang membuat seseorang gagal mendaftar beasiswa karena faktor usia yang sudah melewati batas persyaratan.

Namun jangan khawatir, tahukah kamu ternyata dari banyak tawaran beasiswa luar negeri, ternyata setidaknya ada 9 jenis beasiswa yang tidak mensyaratkan batas usia bagi calon pendaftarnya. Merangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas jenis beasiswa luar negeri S1-S3 tanpa batas usia yang membuka pendaftaran di 2024, simak uraianya di bawah ini ya!

9 Beasiswa Luar Negeri S1-S3 Tanpa Batas Usia yang Buka Tahun 2024


1. Australian Awards Scholarship


Pendaftaran beasiswa S1 sampai S3 ini dibuka bulan Februari - Mei 2024. Mahasiswa bisa kuliah gratis, mendapatkan uang saku bulanan dan bantuan lainnya jika lolos beasiswa ini. Selain tanpa batas usia, pendaftar tak perlu melampirkan LoA. Bahkan IPK bisa dibawah 3,00 dan bisa daftar pakai TOEFL ITP.

2. KAUST Fellowship Saudi Arabia


Beasiswa ini punya dua batas waktu pendaftaran. Pertama, batas waktu untuk ronde pertama pada Oktober 2024 dan batas waktu ronde kedua ialah Januari 2024. Beasiswa ini tak memerlukan LoA dan mahasiswa bisa dapat uang saku Rp200-300 juta per tahun dan tidak ada minimal IPK.

3. Chevening Scholarship


Pendaftaran beasiswa S2 dan S3 ke Inggris Raya ini akan dibuka September dan November 2024. Mahasiswa bisa kuliah gratis dan mendapatkan tunjangan, serta kesempatan ikut jejaring internasional alumni penerima beas Chevening

4. Swedish Institute Scholarship for Global Professional


Pendaftaran beasiswa S2 ini dibuka November sampai 28 Februari 2024. Selain tanpa batas usia, pelamar tak perlu menunjukkan nilai IPK, tanpa wawancara. Selain gratis kuliah, ada tunjangan hidup senilai SEK 10,000 atau Rp14,7 juta per bulan. Hibah biaya perjalanan senilai SEK 15,000 atau Rp22,1 juta yang diberikan satu kali.


5. Eric Bleumink Fund


Beasiswa Eric Bleumink Fund ditawarkan untuk jenjang S2 di University of Groningen, Belanda. Program beasiswa ini memberikan kesempatan mahasiswa bisa kuliah gratis, mendapatkan tunjangan buku, transportasi dan lainnya. Mahasiswa yang mendaftar, tak dibebankan oleh minimal usia dan minimal IPK.

6. DAAD EPOS


Beasiswa S2 dan S3 ke Jerman ini memiliki banyak jenis beasiswa. Hanya saja beasiswa ini akan dibuka sampai bulan Oktober setiap tahunnya. Beasiswa ini juga tak mensyaratkan IPK dan mahasiswa bisa kuliah gratis serta ada subsidi transportasi.

7. Hokkaido University President's University


Beasiswa S2 ke Jepang ini memberikan tunjangan sampai Rp240 juta dan tanpa minimal IELTS.

8. Fulbright Scholarship


Beasiswa S2 ke Amerika Serikat juga sudah dibuka dan memberikan kesempatan biaya kuliah gratis selama satu hingga dua tahun di bidang apapun kecuali Jurusan Kedokteran yang berkaitan dengan perawatan pasien atau kontak pasien klinis. Beasiswa ini bisa didaftar siapapun tanpa batas usia, namun penerima beasiswa diwajibkan pulang ke negara asal penerima beasiswa.

9. Manaaki New Zealand Scholarship (MNZS)


Beasiswa ini dibuka bulan Februari 2024. Beasiswa ini bisa didaftar oleh pendaftar berusia lebih dari 40 tahun. Ada tunjangan per bulan, akomodasi, asuransi, dan biaya lainnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)