Rekrutmen CPNS 2024 Buka 2,3 Juta Formasi, 5 Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

Kamis, 18 Januari 2024 - 10:28 WIB
loading...
Rekrutmen CPNS 2024 Buka 2,3 Juta Formasi, 5 Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan
Salah satu jurusan kuliah yang lulusannya diprediksi banyak dibutuhkan dan jadi prioritas rekrutmen CPNS 2024 adalah lulusan fakultas hukum. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan kuliah yang lulusannya paling banyak dibutuhkan dan menjadi prioritas rekrutmen CPNS 2024 . Pemerintah secara resmi telah mengumumkan akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024.

Menurut keterangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), pemerintah akan membuka 2,3 juta formasi CPNS tahun ini. Jika berkaca pada tahun sebelumnya, hanya terdapat beberapa jurusan yang lulusannya menjadi prioritas dalam seleksi CPNS.

Mengutip Instagram @asn_eksam, artikel kali ini akan membahas setidaknya ada lima jurusan yang diperkirakan akan menjadi prioritas dalam seleksi CPNS tahun 2024. Apa saja? Simak uraian berikut ya!

5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan dan Jadi Prioritas CPNS 2024


1. Pendidikan


Profesi guru menjadi salah satu jurusan yang diprioritaskan dalam seleksi CPNS 2024. Hal ini juga telah disampaikan oleh pemerintah. Dalam pengangkatan guru dari honorer menjadi ASN dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), posisi untuk guru seperti PGSD, dan PAUD sering diutamakan.

2. Ilmu Hukum


Saat ini dalam pemerintahan sangat membutuhkan tenaga ahli dalam bidang hukum seperti formasi Kejaksaan Agung atau Analisis Rancangan Naskah Perjanjian.

Terdapat beberapa instansi kementerian yang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang hukum salah satunya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).


3. Manajemen


Lulusan manajemen menjadi salah satu jurusan yang diprioritaskan dalam seleksi CPNS. Sebab, jurusan ini memiliki peluang yang besar untuk bekerja dalam sektor pemerintahan. Contohnya untuk posisi perencanaan dan penata kenselerasi.

4. Teknik Informatika


Pemerintah akan memberikan kesempatan bagi calon peserta yang mahir dalam bidang digitalisasi. Maka dari itu, jurusan Teknik Informatika memiliki peluang yang besar untuk mengikuti seleksi CPNS karena sesuai dengan permintaan pemerintah.

5. Kesehatan


Tidak hanya untuk guru, pemerintah juga memprioritaskan bidang kesehatan dalam seleksi PPPK. Terdapat beberapa jurusan dalam bidang kesehatan yang dibutuhkan untuk menjadi ASN seperti keperawatan, kebidanan, dokter, hingga apoteker.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)