3 Jalur Penerimaan Sekolah Kedinasan PKN STAN 2024, Ini Daftarnya!

Kamis, 18 Januari 2024 - 08:14 WIB
loading...
3 Jalur Penerimaan Sekolah Kedinasan PKN STAN 2024, Ini Daftarnya!
Berikut tiga jalur penerimaan sekolah kedinasan PKN STAN untuk kamu yang ingin menjadi CPNS. Foto/YouTube PKN STAN.
A A A
JAKARTA - Inilah tiga jalur penerimaan sekolah kedinasan PKN STAN . Bagi kamu yang berencana mendaftar wajib mempersiapkan diri, termasuk mengetahui macam-macam jalur masuknya.

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menjadi salah satu sekolah kedinasan paling favorit di Tanah Air. Setiap tahunnya, ada banyak pendaftar yang saling bersaing demi memperebutkan kesempatan melanjutkan studi di sekolah kedinasan tersebut.

Baca juga: Apakah Punya Gigi Tak Rapi Bisa Daftar PKN STAN? Simak Penjelasan Berikut Ini

Sebagai informasi, PKN STAN adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Mereka memiliki tiga program, yaitu D-IV Akuntansi Sektor Publik, D-IV Manajemen Keuangan Negara, dan D-IV Manajemen Aset Publik.

Saat ini, pendaftaran PKN STAN 2024 memang belum dibuka. Namun, tak ada salahnya untuk mempersiapkan diri dari sekarang, termasuk mencatat informasi-informasi penting seputar penerimaannya.

Baca juga: Kisi-Kisi Materi Seleksi Kompetensi Dasar di PKN STAN, Persiapkan dari Sekarang

Salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah macam-macam jalur penerimaan PKN STAN. Melihat ketentuan pada tahun sebelumnya, setidaknya ada tiga jalur masuk yang nantinya bakal dibuka. Berikut daftarnya.

Jalur Penerimaan Sekolah Kedinasan PKN STAN

1. Jalur Reguler


Pertama, ada jalur reguler. Jalur penerimaan ini terbuka bagi seluruh lulusan pendidikan menengah atas yang berada di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudrisek) atau Kementerian Agama (Kemenag).

Baca juga: Catat! Berikut Nilai Minimal Rapor dan UTBK untuk Daftar PKN STAN

Pada tujuannya, nantinya mereka bakal ditujukan untuk mengisi formasi atau kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya, atau Pemerintah Daerah.

2. Jalur Afirmasi Kewilayahan


Berikutnya ada jalur afirmasi kewilayahan. Berbeda dengan jalur reguler, jenis penerimaan ini dikhususkan bagi putra-putri dari wilayah afirmasi.

Nantinya, mereka yang masuk melalui jalur ini bakal mengisi formasi atau kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah yang diutamakan pada wilayah afirmasi.

3. Jalur Pembibitan


Terakhir ada jalur pembibitan. Pada prosesnya, jalur ini dijalankan melalui mekanisme kerja sama antara PKN STAN dengan pemerintah daerah.

Baca juga: PKN STAN Buka Jalur Afirmasi Kewilayahan Langsung Lolos Tanpa Tes, Ini Daftar Daerahnya

Berbeda dengan dua jalur masuk sebelumnya, mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam penerimaan ini akan ditempatkan pada instansi pemerintah daerah asal.

Demikianlah ulasan mengenai tiga jalur penerimaan sekolah kedinasan PKN STAN yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2514 seconds (0.1#10.140)