Ada Kesamaan, PKS-Demokrat Berpeluang Bentuk Poros Baru

Kamis, 26 April 2018 - 14:34 WIB
Ada Kesamaan, PKS-Demokrat Berpeluang Bentuk Poros Baru
Ada Kesamaan, PKS-Demokrat Berpeluang Bentuk Poros Baru
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat dinilai berpeluang untuk membentuk poros baru dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pemilu Presiden (Pilpres) mendatang.

Hal itu menyusul rencana Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan, peluang terjadinya koalisi antara Demokrat dan PKS terbuka lebar. Alasannya, kata Adi, PKS pernah menjadi mitra koalisi pemerintah saat SBY berkuasa.

"PKS dan SBY pernah berkoalisi memang. Yang bisa membuat Demokrat dan PKS bersatu, mereka pernah berkoalisi," kata Adi kepada SINDOnews, Kamis (26/4/2018). (Baca juga: SBY Akan Bertemu PKS, Demokrat: Kami Dulu Pernah Berkoalisi )

Faktor lain yang menjadi peluang terjadinya koalisi PKS-Demokrat, lanjut Adi, visi kedua partai yang ingin ada pemimpin baru di 2019. Seperti diketahi, bagi PKS, ganti pemimpin di 2019 telah menjadi harga mati.

Sementara Demokrat, siap menjajaki pembentukan poros baru bila Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak jadi dipersunting Joko Widodo. "Sebenarnya ini politik as usual (hal biasa). Permainan politik yang dimainkan elite untuk mengamankan kursi pencapresan. Mereka sedang menjajaki kemungkinan untuk berduet. Ya kemungkinannya ada 20 sampai 50 persen," ucap Adi.

Namun demikian, di tengah ajakan SBY untuk bertemu itu, Adi menilai PKS masih berharap banyak terhadap Gerindra. Pasalnya lima tahun ke belakang keduanya cukup solid menjadi mitra koalisi. "PKS tak pernah ditinggalkan. Meski tidak dapat apa-apa, PKS selalu menjadi partner baik Gerindra," kata Adi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4274 seconds (0.1#10.140)