Kemensetneg Luncurkan Aplikasi Simpel, Ini Tujuannya

Selasa, 24 April 2018 - 16:28 WIB
Kemensetneg Luncurkan Aplikasi Simpel, Ini Tujuannya
Kemensetneg Luncurkan Aplikasi Simpel, Ini Tujuannya
A A A
JAKARTA - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) meluncurkan aplikasi online yang diberi nama Sistem Informasi Perjalanan Dinas luar Negeri (Simpel), Selasa (24/4/2018).

Simpel adalah aplikasi penerbitan surat persetujuan pemerintah terkait perjalanan dinas luar negeri (PLDN) pejabat negara, pejabat lainnya, PNS, pegawai BUMN/BUMD dan tenaga yang ditugaskan lembaga negara atau instansi pemerintah yang menggunakan APBN/APBD maupun oleh mitra kerja sama.

Sekretaris Kemensesmneg, Setya Utama menjelaskan aplikasi Simpel sudah bisa diunduh melalui smartphone berbasis Android dan IOS.

Dia mengatakan, Simpel juga dilengkapi fitur tanda tangan elektronik yang sudah disertifikasi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Kendati demikian, dia mengakui aplikasi tersebut masih memiliki kekurangan. “Di antaranya waktu kecepatan pelayanan dan kemudahan dalam mengakses data. Kendala kecil ini pun akan dilakukan perbaikan dan pengembangan kedepannya guna peningkatan kualitas dalam aplikasi Simpel,” tutur Setya saat acara Peresmian Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri dan Sosialisasi bagi Kalangan Perguruan Tinggi, di Gedung Krida Bhakti, Kantor Kemensetneg, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pengembangan aplikasi Simpel tidak terbatas proses digitalisasi mekanisme kerja yang selama ini dilakukan secara manual.

Menurut dia, aplikasi ini juga untuk melakukan debirokratisasi dengan cara penyederhanaan proses administrasi perjalanan dinas luar negeri.

“Kalau bisa dilakukan oleh mesin, kenapa harus dilakukan manusia,” kata mantan Rektor Universitas Gadjah Mada ini.

Dia menyebut dua hal yang mendorong diciptakannya aplikasi Simpel, yakni dorongan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan keinginannya untuk mempersiapkan masa depan.

“Saya sedang menyiapkan masa depan. Kalau saya, masa depan saya kembali jadi dosen dan mengurus Simpel ini, “ katanya.

Pratikno menambahkan, kehadiran Simpel tidak sebatas meningkatkan kualitas layanan perizinan PDLN yang cepat, transparan, akuntabel dan mudah diakses, namun juga dilengkapi fitur yang memudahkan proses pemantauan efektivitas pelaksanaan PDLN.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5497 seconds (0.1#10.140)