Ganjar Kaget Gaji Guru PAUD Hanya Rp600 Ribu Per Tahun, Ini Strategi yang Disiapkan

Selasa, 16 Januari 2024 - 21:23 WIB
loading...
Ganjar Kaget Gaji Guru PAUD Hanya Rp600 Ribu Per Tahun, Ini Strategi yang Disiapkan
Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo berjanji akan menaikkan upah guru pendidikan anak usia dini (PAUD) agar menjadi lebih sejahtera. Foto/TPN
A A A
BATANG - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo berjanji akan menaikkan upah guru pendidikan anak usia dini (PAUD) agar menjadi lebih sejahtera. Hal itu dikatakan Ganjar saat menemui himpunan guru PAUD Kabupaten Batang di Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (16/1/2024).

Dalam pertemuan tersebut, pria berambut putih itu menerima aspirasi dari salah satu perwakilan himpunan guru PAUD. Sang guru mengeluhkan tiga hal ke Ganjar, yakni status guru PAUD non formal, alokasi dana desa untuk kesejahteraan guru PAUD, dan bayaran guru PAUD sebesar Rp600 ribu per tahun.



Mendengar keluhan tersebut, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu merasa kaget terhadap minimnya upah untuk tenaga pengajar ini.

"Bayarannya ternyata satu tahun Rp600 ribu, saya ulangi, satu tahun Rp600 ribu. Ini sesuatu yang menurut sangat-sangat saya tidak adil. Maka dia mewakili teman-teman guru PAUD tolong perbaiki ini," ujar Ganjar di lokasi.

Dirinya menerapkan dua strategi yang akan dilakukan jika terpilih menjadi Presiden bersama Cawapres Mahfud MD di tahun 2024. Hal itu akan dilakukan untuk mensejahterakan para guru PAUD.

"Ada beberapa hal, yang pertama sinkronisasi dan harmonisasi regulasi," kata Ganjar.

Selanjutnya, Ganjar akan mengoptimalkan alokasi 20% APBN dan APBD untuk kesejahteraan guru PAUD, termasuk meningkatkan pendidikan dan fasilitas PAUD.

"Yang kedua, sumber daya yang kita miliki 20 persen dari APBN-APBD provinsi maupun kabupaten kota yang diperintahkan untuk pendidikan itu harus memperhatikan guru PAUD, termasuk pendidikan PAUD, termasuk fasilitas yang ada," kata Ganjar.

"Bagaimana kita memberikan insentif yang cukup kepada mereka dan inilah yang akan menjadi PR. Tadi saya minta teman-teman guru PAUD kasih masukan ke saya, berapa jumlahnya, kondisinya seperti apa, sehingga kelak ini akan bisa kita bereskan," sambungnya.

Sejalan dengan itu, Ganjar turut mengungkapkan komitmennya bersama Mahfud MD dalam melaksanakan reformasi besar-besaran dalam dunia pendidikan Indonesia. Bentuk komitmen itu telah ditegaskan Ganjar-Mahfud dalam 21 program prioritasnya, antara lain 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana dan program SMK Gratis Langsung Kerja untuk Keluarga Miskin.



"Maka mengejar ketertinggalan angka putus sekolah, IPM kita yang mesti kita katrol sampai S1-S3 termasuk ilmu-ilmu yang sifatnya khusus, termasuk riset and development kita pernah bicara dengan BRIN soal ini maka penting untuk melakukan reform besar-besaran di dunia pendidikan kita," papar Ganjar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)