Tim WISSEMU Sampai di Everest Basecamp Tibet

Senin, 23 April 2018 - 07:37 WIB
Tim WISSEMU Sampai di Everest Basecamp Tibet
Tim WISSEMU Sampai di Everest Basecamp Tibet
A A A
JAKARTA - Tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala-Unpar (WISSEMU) telah sampai di Everest Base Camp (EBC), Tibet yang berada di ketinggian 5.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) Kamis, 19 April 2018, pukul 11.08 waktu setempat.

Gunung Everest yang semula hanya ada di angan-angan dan hanya terlihat dari jauh semakin lama semakin terlihat jelas seiring dengan semangat kedua pendaki wanita yang semakin menggebu.

Ya, Fransiska Dimitri Inkiriwang (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda) sudah semakin dekat dengan mimpi untuk menggapai Puncak Gunung Everest. Setelah tiga minggu mempersiapkan diri di sekitar daerah Nepal dan Tibet, Tim WISSEMU akhirnya tiba di tempat yang disebutsebut sebagai titik awal pendakian Gunung Everest ini.

Dalam pendakian ini sendiri, Tim WISSEMU akan mengambil jalur utara lewat Tibet. Jalur ini dipilih dengan pertimbangan menghindari penumpukan pendaki ketika menuju puncak. Meski sebagai gantinya, tim harus menghadapi medan medan yang lebih curam pada jalur ini.

Mulai dari titik ini, akses komunikasi ke luar akan semakin terbatas. Rencananya Tim akan menghabiskan tujuh hari di EBC. Hari-hari tersebut akan dipakai untuk berlatih kembali teknik-teknik pendakian yang dibutuhkan untuk mencapai Puncak Gunung Everest.

Mulai dari penggunaan crampon,ice axe, sampai dengan pengaplikasian tali-temali dan segala persiapan lain untuk menunjang keselamatan. Beruntung, keadaan EBC saat ini boleh dibilang cukup baik.

Meski cuaca dingin yang menyelimuti daerah tidaklah berkurang, namun kehangatan kebersamaan dengan rombongan lain rasanya cukup untuk meninggalkan kesan nyaman.

"Akhirnya kami sampai EBC. Artinya semua akan jadi lebih berasa real. Everest akan kelihatan tiap hari,suasananya udah masuk wilayah dengan ketinggian di atas 5.000an (mdpl), bersama dengan orang-orang di sekitar yang punya tujuan sama untuk bisa sampai di puncak Gunung Everest," ucap Hilda mengutarakan rasa tidak sabarnya untuk bisa segera mengibarkan Merah Putih di atap dunia.

Lewat komunikasi terakhir, tim juga sempat mengucap terima kasih sebesar-besarnya tidak hanya kepada tim di Bandung tapi juga untuk semua pihak yang telah membantu dan mendoakan ekspedisi ini.

Termasuk kepada rekan-rekan media yang memberi dukungan lewat pemberitaan ke masyarakat luas. Sebelum sampai titik ini, tim sempat menghabiskan waktu mengelilingi bangunan bangunan bersejarah di Tibet.

Dalam ekspedisi ini, bukan hanya puncak yang tim kejar melainkan pembelajaran dan pengetahuan baru mengenai adat dan budaya dari suatu daerah dapat menjadi benefit bagi perjalanan ini.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6839 seconds (0.1#10.140)