alexametrics

Survei Cyrus Network

Pemilu 2019 Diprediksi Akan Didominasi Tiga Partai Politik

loading...
Pemilu 2019 Diprediksi Akan Didominasi Tiga Partai Politik
Hasil survei nasional elektabilitas partai politik oleh Cyrus Network menyatakan tiga partai politik besar akan memenangi Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Tiga partai politik besar diprediksi akan memenangi Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019. Dalam survei nasional elektabilitas partai politik oleh Cyrus Network, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat elektabilitas tertinggi, disusul Partai Golkar dan Partai Gerindra.

"35% pemilih yakin PDIP akan memenangkan Pileg 2019," ujar Managing Director Cyrus Network, Eko Dafid Afianto dalam pemaparan hasil survei di Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).

Dalam survei yang dilakukan pada 27 Maret hingga 3 April 2018, Cyrus Network mensimulasikan sejumlah pertanyaan kepada responden. Saat ditanya "jika hari ini adalah hari pemilihan umum legislatif, partai politik apakah yang akan Anda pilih sebagai wakil di DPR RI?"

Sebanyak 26,9% responden memilih PDIP, disusul kemudian oleh Partai Golkar dan Partai Gerindra masing-masing 11,5%, PKB 7,3%, Partai Demokrat 5%, PPP dan Partai Perindo masing-masing 4,3%.

Berada di bawah Partai Perindo, PKS dengan 3,5,%, Partai Nasdem 3,3%, PAN 1,5%, Partai Hanura 1%, Partai Berkarya 0,8%, PSI 0,3%, Partai Garuda 0,3%, dan PBB 0,2%.

"Sebanyak 13,6% responden belum memutuskan, tidak memilih sebanyak 0,8%, tidak menjawab 3,8%," kata Eko.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak