KSP Punya Peran Penting Perbaiki Kualitas Komunikasi Pemerintah

Rabu, 18 April 2018 - 17:58 WIB
KSP Punya Peran Penting Perbaiki Kualitas Komunikasi Pemerintah
KSP Punya Peran Penting Perbaiki Kualitas Komunikasi Pemerintah
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI Purn Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden (KSP) dinilai memiliki peranan penting dalam mengungkapkan dan membantu menyampaikan pesan kunci Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada publik.

Adapun salah satu hal yang patut diapresiasi dari kerja KSP adalah adanya ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan masukan, keluhan, maupun informasi kepada pemerintah.

Penilaian ini disampaikan para pengamat dan anggota Dewan, terkait evaluasi 100 hari kinerja KSP di bawah kepemimpinan Moeldoko sejak Januari-April 2018 usai menggantikan Teten Masduki.

"Moeldoko mau memainkan peranan yang lebih baik dari Teten (KSP sebelumnya-red), dia (Moeldoko) bisa mewakili dan mempresentasikan maunya Istana di depan publik," kata pakar komunikasi politik Hendri Satrio di Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Hendri menilai Moeldoko bisa mendukung dan membantu Jokowi meneruskan pesan kepada masyarakat agar lebih baik dan KSP berkinerja lebih teratur.

Dia menilai KSP memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan seluruh instansi pemerintah sehingga tidak timbul kesalahpahaman yang terjadi di lapangan.

Kerja KSP yang memediatori impor pangan, juga kasus garam antarkementerian terkait, juga soal transportasi online adalah contoh kerja yang mumpuni, menurutnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin mengatakan, salah satu hal yang patut diapresiasi adalah adanya ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan masukan, keluhan, maupun informasi kepada pemerintah melalui KSP.

"Program KSP Mendengar yang digagas ini merupakan bentuk jembatan antara masyarakat dengan istana," tuturnya.

Ujang pun menilai Moeldoko memiliki kemampuan mengatur ritme komunikasi dan koordinasi pada kabinet pemerintahan Jokowi.

Sementara itu, pengamat politik Emrus Sihombing berpendapat kinerja KSP sampai dengan saat ini tidak terlalu terlihat di ruang publik. Padahal, KSP merupakan salah satu posisi strategis dalam lingkar istana.

Dia mendorong agar KSP lebih terlihat, dan apa yang dikerjakan lebih diketahui dan dimengerti oleh masyarakat.

"KSP juga merupakan jabatan strategis di lingkungan presiden. Idealnya, disampaikan ke publik apa yang direncanakan, dilakukan dan capaiannya yang sudah diperoleh. Bisa jadi tim komunikasinya tidak berjalan," ungkapnya.

Dari kalangan DPR, Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali menilai kinerja KSP kini lebih aktif "Saya kira bagus KSP sepanjang mendukung kegiatan Presiden dan sejauh ini normal," tutur Zainuddin.

Sebagai mitra kerja, Komisi II DPR menilai kerja-kerja KSP harus lebih ditingkatkan. Seperti halnya Emrus, Zainudin menilai masyarakat harus lebih mengerti apa yang dilakukan pemerintah. Ini adalah salah satu kerja KSP yang utama.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5873 seconds (0.1#10.140)