Daftar Rumah Sakit Tipe A di Jakarta

Senin, 15 Januari 2024 - 04:40 WIB
loading...
Daftar Rumah Sakit Tipe A di Jakarta
Rumah sakit tipe A di Jakarta salah satunya RSCM. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rumah sakit tipe A di Jakarta mendapatkan kategori tersebut dengan memenuhi sejumlah syarat. Syarat ini dijelaskan dalam Permenkes RI No. 30 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Menurut peraturan tersebut, rumah sakit umum tipe A harus memiliki jumlah tempat tidur paling sedikit 250 unit. Layanan kesehatan yang dimiliki pun mencakup semua bidang dan jenis penyakit. Mengutip laman Hello Sehat, Senin (15/1/2024), berikut daftar rumah sakit tipe A di Jakarta.

1. RSUP Fatmawati

Rumah sakit umum milik pemerintah ini berlokasi di kawasan Jakarta Selatan. Layanannya beragam dengan kualitas perawatan terbaik. RSUP Fatmawati merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan nasional untuk mengatasi sejumlah penyakit.

2. RSPAD Gatot Soebroto

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto merupakan salah satu rumah sakit militer terkemuka di Indonesia. Rumah sakit ini berlokasi di Jakarta Pusat.

3. RS Bhayangkara TK. I R. Said Sukanto

Rumah sakit ini berlokasi di Jakarta Timur. Sesuai namanya, rumah sakit yang berdiri sejak 2010 ini merupakan fasilitas kesehatan milik Polri.

4. Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)

Rumah sakit umum pusat nasional ini berlokasi di Jakarta Pusat. Sama seperti RSUP Fatmawati, RSCM juga menjadi rumah sakit rujukan nasional milik pemerintah.

5. RSUP Persahabatan

Rumah sakit ini berlokasi di Jakarta Timur. RSUP Persahabatan telah terakreditasi KARS dengan tingkat kelulusan bintang 5.

6. RSKGM FKG Universitas Indonesia

Sesuai namanya, rumah sakit ini mengkhususkan diri pada kesehatan gigi dan mulut. Lokasinya ada di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Tak hanya melayani perawatan bagi pasien, rumah sakit ini juga memiliki klinik pendidikan atau program pendayagunaan dokter gigi spesialis.

7. Rumah Sakit Kanker Dharmais

RS Kanker Dharmais adalah salah satu rumah sakit unggulan yang memiliki perawatan khusus dalam diagnosis dan perawatan penyakit kanker. Lokasinya ada di Jakarta Barat. RS ini memiliki tim medis yang terampil dalam perawatan berbagai jenis kanker.

8. RSAB Harapan Kita

Rumah sakit anak dan bunda ini berlokasi di kawasan Jakarta Barat. RSAB Harapan Kita memiliki layanan unggulan bernama Birth Defects Integrated atau Pusat Deteksi Dini dan Tata Laksana Kelainan Bawaan Lahir.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)