alexametrics

Megawati Sebut Perdebatan Pemimpin Dunia Turut Bentuk Karakternya

loading...
Megawati Sebut Perdebatan Pemimpin Dunia Turut Bentuk Karakternya
Presiden kelima RI, Megawati menyatakan, satu abad lalu tepatnya abad 20, ayahnya Soekarno bersama tokoh-tokoh dunia memprakarsai KAA dan pembentukan GNB. Foto/Isra Triansyah/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri menyatakan, satu abad lalu, tepatnya abad 20, ayahnya, Soekarno bersama tokoh-tokoh dunia ikut memprakarsai Konferensi Asia Afrika (KAA) dan pembentukan Gerakan Non Blok (GNB).

Megawati menuturkan, dirinya berusia 8 tahun saat KAA tahun 1955, berusia 13 tahun saat pidato Bung Karno di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1960, dan berusia 14 tahun saat GNB diadakan di Beograd tahun 1961.

"Saya adalah delegasi termuda," ungkap Megawati saat memberikan keynote speaker memperingati 63 tahun KAA dan pameran dokumenter pidato 'Tiga Tinta Emas Abad 20 Soekarno' di Gedung LIPI, Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Megawati mengatakan, masih terekam jelas dalam ingatannya bagaimana peristiwa penting KAA dan GNB ikut membentuk karakter dirinya dalam berpolitik. Ia mengaku rindu perdebatan argumentatif para pemimpin atau tokoh bangsa di mana ia mencatat dan mengikuti perdebatan mereka.

Ketua Umum PDI Perjuangan itu mengaku ikut mencatat dan menyimak perdebatan argumentatif disampaikan para pemimpin bangsa yang penuh martabat, saling menghormati, sekaligus rasional dan penuh belarasa dalam upaya melawan kolonialisme dan imprealisme.

"Kesan yang membekas di benak saya itu lah yang mendorong saya mengapa pada hari ini ingin berbagi pengalaman sejarah kepada anda semua," ujarnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak