Tim Kuasa Hukum Novel Baswedan Evaluasi Kinerja Polri

Kamis, 12 April 2018 - 15:34 WIB
Tim Kuasa Hukum Novel Baswedan Evaluasi Kinerja Polri
Tim Kuasa Hukum Novel Baswedan Evaluasi Kinerja Polri
A A A
JAKARTA - Tim kuasa hukum Penyidik Senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan tengah menyusun draf yang berisi evaluasi kinerja kepolisian dalam mengungkap kasus teror terhadap kliennya.

Hal itu seperti diungkapkan Anggota Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi, Haris Azhar mengomentari satu tahun peristiwa teror terhadap Novel. Tepat pada 11 April 2018 kemarin, setahun sudah teror terhadap Novel terjadi. Selama kurun waktu itu, kepolisian belum bisa mengungkap siapa pelaku dan dalang di balik teror tersebut.

Haris mengatakan, ada beberapa temuan yang diperoleh tim hukum yang belum pernah diungkap sebelumnya. "Temuan ini bukti bahwa kepolisian telah bicara melampaui apa yang mereka dapat dan mereka kerjakan," ujar Haris saat dihubungi, Kamis (12/4/2018).

Sejumlah temuan itu, antara lain tentang keberadaan sejumlah saksi yang memiliki memori cukup baik. Saksi-saksi itu melihat ada orang yang secara intensif memantau aktivitas Novel sebelum ia disiram air keras.

Bila keterangan saksi itu benar, kata Haris, maka pelaku akan terekam di kamera CCTV. "Polisi sudah mengidentifikasi sejumlah CCTV. Tapi masih ada sejumlah CCTV yang belum diambil oleh kepolisian," beber Haris.

Temuan lainnya, lanjut Haris, yakni terkait sketsa terduga pelaku penyerangan. Berdasarkan keterangan yang dihimpun tim kuasa hukum dari saksi-saksi, kepolisian telah membuat dua sketsa wajah.

Menurut saksi itu, tambah Haris, sketsa yang berkualitas lebih baik atau mendekati kemiripan justru tidak dipublikasikan. "Sketsanya ada dua. Informasi yang kami dapat, sketsa yang dipublikasikan menurut saksi justru yang tidak mirip. Atau sketsa yang kualitasnya lebih baik tidak dipublikasikan," kata Haris.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7545 seconds (0.1#10.140)