Beasiswa LPDP 2024 Dibuka Besok, Ini Link Pendaftaran dan Dokumen yang Harus Dilengkapi

Rabu, 10 Januari 2024 - 09:10 WIB
loading...
Beasiswa LPDP 2024 Dibuka Besok, Ini Link Pendaftaran dan Dokumen yang Harus Dilengkapi
Pendaftaran beasiswa LPDP akan dibuka besok, Kamis (1/1/2024). Ini link dan dokumen yang harus dilengkapi. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran beasiswa LPDP 2024 akan dibuka besok, Kamis (11/1/2024). Sejumlah dokumen perlu disiapkan agar bisa segera melakukan pendaftaran di beasiswa populer yang persaingannya ketat ini.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) secara resmi akan kembali membuka pendaftaran beasiswa LPDP Tahap 1 2024 pada 11 Januari 2024. Pendaftaran diakukan secara online di laman resminya beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele! Ini 6 Cara Cari Surat Rekomendasi Daftar Beasiswa LPDP 2024

Pendaftaran beasiswa LPDP tahun-tahun sebelumnya dibuka untuk empat jalur yaitu jalur double degree/joint degree, beasiswa umum, beasiswa targeted, dan beasiswa afirmasi.

Link Pendaftaran Beasiswa LPDP


Pendaftaran beasiswa LPDP dilakukan secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

Semua dokumen harus dilengkapi dan diunggah pada aplikasi pendaftaran. Pastikan juga melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi.

Dikutip dari Instagram @ieltspresso, berikut ini dokumen yang perlu kalian lengkapi,

Dokumen Pendaftaran Beasiswa LPDP

1. Recommendation Letter


Surat rekomendasi merupakan dokumen penting dalam pendaftarn beasiswa LPDP. Pastikan surat rekomendasi ini diberikan oleh tokoh masyarakat, akademisi/dosen, atau supervisor kerja. Metode pengiriman bisa melalui online form atau langsung diisi oleh pemberi rekomendasi atau melalui unggahan dokumen oleh kandidat.

Baca juga: 25 Universitas Tujuan Beasiswa LPDP dengan Persentase Penerimaan Tinggi, Ini Kampus Terbaiknya

Format surat rekomendasi LPDP ini berisi personal information, deskripsi rekomendasi dan tanggal serta tahun surat. Untuk tahun surat harus sesuai dengan tahun pendaftaran LPDP.

2. Sertifikat IELTS


Surat keterangan kemampuan bahasa ini juga harus disertakan dalam pendaftaran. Gambaran minimal skor IELTS beberapa jalur LPDP adalah minimal 6,5 sampai 7,0 untuk jalur reguler dan PTUD, 6,5 untuk jalur PNS, TNI, dan Polri, dan minimal 6,0 untuk jalur kewirausahaan.

3. Esai Kontribusi


Syarat esai kontribusi menjadi syarat paling penting dalam proses seleksi. Isinya antara 1.500 hingga 2.000 kata uraian komitmen untuk kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi setelah selesai studi. Selain itu ada esai tambahan mengenai kelebihan dan kekurangan diri di form pendaftaran LPDP.

4. Letter of Acceptance


Bagi kalian yang tidak ingin mengikuti tes bakat skolastik maka siapkan Lettter of Acceptance Unconditional, khusus untuk penerimaan tanpa syarat.

5. Dokumen Penunjang


Untuk mendaftar beasiswa LPDP juga diperlukan biodata diri (online form), ijazah atau transkrip nilai, dokumen penyetaraan ijazah jika ada, surat pernyataan pada form aplikasi, surat dari pejabat yang membidang SDM (khusus TNI, PNS, Polri), profil diri, proposal penelitian khusus dokter, dan publikasi ilmiah, kejuaraan, serta pengalaman organisasi.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)