Hari Amal Bhakti Kemenag, 78 Pasangan Pengantin Ikuti Nikah Massal Gratis

Sabtu, 06 Januari 2024 - 21:05 WIB
loading...
Hari Amal Bhakti Kemenag, 78 Pasangan Pengantin Ikuti Nikah Massal Gratis
Kemenag menggelar acara nikah massal di acara Devotion Experience (Dev-X) Hari Amal Bhakti ke-78. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar acara nikah massal di acara Devotion Experience (Dev-X) Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78. Sebanyak 78 pasangan mengikuti pernikahan massal gratis tersebut.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan perayaan HAB kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dia melanjutkan, kemenag lebih banyak menghadirkan kegiatan populer untuk mendekatkan isu-isu keagamaan kepada anak muda. "Selama ini isu keagamaan kurang menyentuh anak muda. Padahal 55% populasi Indonesia adalah anak-anak muda atau kelompok usia produktif," katanya, Sabtu (6/1/2024).

Gus Men panggilan akrab Yaqut Cholil Qoumas menyebut, usia kemenag yang menginjak 78 tahun merupakan angka yang tua untuk umur manusia. Namun, Gus Men menegaskan semangat bekerja Kemenag dalam melayani umat beragama harus selalu muda.



Menurut Gus Men, kegiatan nikah massal secara gratis ini menjadi salah satu kegiatan positif mengingat menikah itu sebuah kebutuhan bagi sebagian orang. Namun, banyak orang atau pasangan yang selama ini merasa sulit untuk melangsungkan pernikahan. "Bukan sulit karena birokrasi yang ada di Kemenag. Tetapi sulit untuk urusan printilan dalam momen pernikahan. Seperti sulit menyiapkan hajatan atau resepsi," katanya.



Gus Men berharap acara nikah massal ini dapat memecahkan berbagai macam kesulitan yang selama ini dirasakan sebagian pasangan calon pengantin. Tidak hanya menggratiskan biaya pencatatan nikah, Kemenag juga menyiapkan pelaminan untuk para pasangan mengabadikan momen spesialnya. Kemenag juga menyiapkan bingkisan untuk mahar serta makanan bagi para rombongan pengiring pengantin.

Kegiatan nikah massal yang berlangsung di salah satu hall Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat, 5 Januari 2024 ini berjalan dengan khidmat dan penuh nuansa bahagia. Acara ini mendapat dukungan banyak pihak termasuk PT Tirta Investama produsen AMDK merek Aqua.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2475 seconds (0.1#10.140)