Ratusan Mahasiswa dari 16 Negara Ikuti Summer School 2020 di UMY

Selasa, 11 Agustus 2020 - 05:51 WIB
loading...
Ratusan Mahasiswa dari 16 Negara Ikuti Summer School 2020 di UMY
Rektor UMY Gunawan Budiyanto (dua kiri) saat membuka summer school 2020 di UMY, Senin(10/8/2020). Foto/Dok/Humas UMY
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun ini kembali menggelar program Summer School 2020. Rektor UMY Gunawan Budiyanto membuka secara resmi Summer School 2020 di Hall Rektorat, AR A Lantai 1 UMY, Senin (10/8/2020)

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tengah pandemi ini UMY memilih menggelar program secara online. Meski secara virtual namun antusias mahasiswa mengikuti program ini cukup tinggi, tercatat ada 285 mahasiswa dari 16 negara mengikuti acara tersebut. (Baca juga: Uang Pangkal Rp15-250 Juta, Peminat Seleksi Mandiri Unpad Capai 40.000 Orang )

Selain untuk mempererat hubungan antara mahasiswa Indonesia, khususnya UMY dengan mahasiswa di negara lain. Kegiatan ini juga untuk menciptakan suasana akedemik bernuansa internasional sekaligus mengenalkan UMY serta budaya Jawa, terutama yang ada di Yogyakarta termasuk Muhammadiyah.

Ada empat program dalam kegiatan itu, yakni ITYIELDs (International Training for Young Islamic Economics Leaders), ITFSS (International Tropical Farming Summer School), Summer School on Tropical Agribusiness, dan International Program of International Relations Summer School.

Kepala Kantor Urusan Internasional, Lembaga Kerjasama UMY, Yordan Gunawan mengatakan , kegiatan Summer School ini dilaksanakan 14 hari. Selama mengikuti kegiatan para peserta mendapatkan materi yang akan disampaikan dari pakar internasional sesuai dengan jurusan masing-masing. (Baca juga: Menristek Minta PT Tingkatkan Kualitas Riset dan Publikasi )

“Perbedaan dengan tahun sebelumnya di bagian field trip, kalau biasanya peserta diajak langsung untuk wisata melihat keadaan lapangan. Tapi sekarang kami hanya berikan video agar mahasiswa tetap memiliki gambaran dalam pembelajaran,” jelasnya.

Yordan menjelaskan, selama kegiatan Summer School 2020 diharapkan prodi yang terlibat mampu memaksimalkan kesempatan yang ada dan UMY mampu menjadi mediator yang baik selama acara Summer School berlangsung.

“Sementara untuk mahasiswa peserta Summer School diharapkan agar bisa menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari kegiatan yang sudah diselenggarakan oleh kampus,” paparnya.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan kegiatan ini merupakan sarana untuk menunjukkan kualitas UMY sekaligus mengenalkan UMY sebagai international-friendly campus. Sehingga diharapkan UMY dapat dikenal sebagai oleh masyarakat di kancah internasonal.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)