Ekonomi RI Bisa Tumbuh 7% Bukan Omong Kosong, Erick Thohir Ungkap Kuncinya

Jum'at, 05 Januari 2024 - 07:38 WIB
loading...
Ekonomi RI Bisa Tumbuh 7% Bukan Omong Kosong, Erick Thohir Ungkap Kuncinya
Menteri BUMN Erick Thohir optimistis ekonomi RI bisa tumbuh 7% pada 2030. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperkirakan makro ekonomi nasional tumbuh di level 7% pada tahun 2030. Asumsi pertumbuhan ini didorong oleh ekonomi digital.

Adapun, nilai ekonomi digital Indonesia diprediksi menyentuh angka Rp 4.800 triliun pada 2030 mendatang, jika pemerintah konsisten membangun ekosistem digital di dalam negeri.

Menurutnya, penting bagi Indonesia untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur digital saat ini. Sehingga, target pertumbuhan ekonomi di level 7 persen bisa terealisasikan.

"Penting bagi Indonesia untuk membangun infrastruktur digital dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 7% di 2030," ungkap Erick melalui akun Instagramnya, dikutip Jumat (4/1/2024).



Dia memastikan transformasi digital mampu berkontribusi besar terhadap kemajuan suatu negara. Digitalisasi di China misalnya, dipandang mampu menurunkan angka kemiskinan hingga 5%. Contoh lain, lanjut Erick, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) per kapita di Estonia yang naik 10 kali lipat, lantaran transformasi digital.

“Transformasi digital terbukti memberikan banyak dampak positif bagi suatu negara. Seperti di Tiongkok, angka kemiskinan turun sebesar 5%. Contoh lain, pertumbuhan PDB perkapita Estonia naik 10 kali lipat,” bebernya.



Penguatan infrastruktur digital memang menjadi fokus pemerintah saat ini. Baru-baru ini Kementerian BUMN dan Kementerian Investasi Uni Emirat Arab (UAE) menjalin kerja sama investasi pengembangan ekonomi digital di Indonesia, khususnya infrastruktur digital yang berfokus pada pusat data di Indonesia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)