alexametrics

Zulkifli Hasan Sarankan Luhut Jawab Kritik Amien Rais dengan Data

loading...
Zulkifli Hasan Sarankan Luhut Jawab Kritik Amien Rais dengan Data
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyarankan Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan menjawab kritikan Politikus Senior PAN Amien Rais terkait program bagi-bagi sertifikat tanah dengan data. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan disarankan menjawab kritikan Politikus Senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais terkait program bagi-bagi sertifikat tanah dengan data. Sebab, menjawab dengan data dianggap lebih produktif ketimbang mengancam mencari dosa atau kesalahan Amien Rais.

"Bagus juga beberapa menteri saya lihat menyampaikan data-data. 'Ini tidak betul, ada yang betul dan sebagiannya'. Jadi tidak emosi, tapi disampaikan apa yang sudah dilakukan, apa yang belum dilakukan, saya kira itu," ujar Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Dia mengatakan, Amien Rais adalah tokoh yang konsisten atas sikap kritisnya. Amien, lanjut dia, sering melontarkan kritik ke pemerintah sejak Orde Baru hingga saat ini.

"Oleh karena itu, saya kira pemerintah tidak perlu tanggapi secara emosional," papar Ketua MPR ini.

Mantan Menteri Kehutanan Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini pun meyakini bahwa Presiden Jokowi seorang demokrat sejati. "Pak Presiden paham betul bahwa demokrasi dan menyampaikan pendapat dan seterusnya itu memahami soal seperti ini," jelasnya.

Sebelumnya, Amien Rais mengatakan program bagi-bagi sertifikat tanah itu pengibulan karena ada 74% tanah di negeri ini dikuasai kelompok tertentu, pemerintah diam saja. Penguasaan tanah yang luar biasa luas itu seolah dibiarkan.

Lalu, Luhut Panjaitan pun bereaksi keras menyikapi kritikan Amien Rais itu. "Jangan asal kritik saja. Saya tahu track record-mu kok. Kalau kau merasa paling bersih kau boleh ngomong. Dosamu banyak juga kok, ya sudah diam sajalah. Tapi jangan main-main, kalau main-main kita bisa cari dosamu kok. Emang kau siapa?” ujar Luhut.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak